Pemkab Maluku Tenggara Salurkan Bantuan Tiga Ambulans dan Alat Kesehatan

Share:

Bupati Maluku Tenggara M Thaher Hanubun serahkan bantuan ambulans dan alat kesehatan secara simbolis.
Photo: Siprianus Yanyaan/ant

satumalukuID - Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara menyalurkan bantuan tiga unit mobil ambulans dan peralatan kesehatan senilai belasan miliar rupiah untuk meningkatkan pelayanan di rumah sakit dan Puskesmas di daerah terluar Provinsi Maluku itu.

"Bantuan sejumlah fasilitas kesehatan hari ini yang diserahkan semata-mata untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, sekiranya dapat dimanfaatkan dan dijaga dengan baik," kata Bupati Maluku Tenggara (Malra) M Thaher Hanubun di Langgur, Rabu (16/11/2022).

Thaher menjelaskan penyaluran bantuan tersebut merupakan komitmen dari pemerintah untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat, sekaligus untuk memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 pada tahun 2022.

Bantuan-bantuan tiga unit mobil ambulans, lanjutnya, memanfaatkan Dana Insentif Daerah tahun 2022 yang masing-masing diberikan kepada Rumah Sakit Hati Kudus Langgur, RSUD Karel Sadsuitubun Langgur, dan Dinas Kesehatan Malra. Selain itu, ada mutasi dua ambulans dari dinas kesehatan kepada Puskesmas Ngilngof dan Puskesmas Wab.

Lalu bantuan alat kesehatan yang bersumber dari Dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2022 untuk RSUD Karel Sadsuitubun senilai Rp8,771 miliar, alat Set Pemeriksaan Umum untuk Puskesmas Rumat, Elat, Banda Ely, Holat dan Weduar senilai Rp295,9 juta serta alat antropometri untuk 18 Puskesmas senilai Rp1,329 miliar.

Kemudian ada bantuan Bahan Medis Habis Pakai (BMHP) yang bersumber dari DAK tahun 2022 untuk pengendalian Penyakit Menular dan Tidak Menular (P2P) diberikan kepada dinas kesehatan dan Puskesmas senilai Rp1,235 miliar.

Bantuan selanjutnya yakni, peralatan Elektronik PSC 119 senilai Rp250 juta untuk salah satu Tim PSC Dinas Kesehatan Malra, dan Alat Alat Sistem Telekonsultasi Puskesmas dalam bentuk USG dan perangkat komputer bagi puskesmas Ohoira, Rumat, Elat, dan Weduar senilai Rp850 juta, serta bantuan USG yang merupakan Hibah Kementerian Kesehatan untuk Puskesmas Larat, Watsin, dan Puskesmas Debut.

Selain itu, ada juga bantuan laptop dan printer yang juga diberikan bagi Puskesmas perawatan Ngilngof dan Wab yang Bersumber dari APBD Malra 2022 senilai Rp42 juta, serta penyerahan 10 unit sterilisatir yang merupakan mutasi alat Kesehatan dari RSUD Karel Sadsuitubun Langgur ke Dinas Kesehatan Malra.

"Dengan bantuan ini diharapkan masyarakat Maluku Tenggara bisa semakin sehat terutama generasi mudanya," kata Thaher. (Jimmy Ayal/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini