Kota Ambon Raih Juara Umum Cabang Olahraga Kempo Popmal 2022

Share:

Para atlet kempo yang meraih juara di ajang Popmal IV 2022 mendapatkan medali, maskot, serta piagam penghargaan.

satumalukuID - Para atlet asal Kota Ambon yang mengikuti cabang olahraga kempo di ajang Pekan Olahraga Provinsi Maluku (Popmal) IV tahun 2022 berhasil meraih posisi juara umum dengan perolehan empat medali emas, delapan perak, dan delapan perunggu.

"Posisi kedua ditempati kontingen Kabupaten Seram Bagian Barat dengan perolehan empat medali emas, dua perak dan lima perunggu," kata panitia pertandingan kempo Popmal IV 2022, Harni di Ambon, Senin (21/11/2022).

Sementara juara umum ketiga diraih kontingen Kabupaten Seram Bagian Timur dengan peroleh tiga medali emas, tiga perak, dan satu perunggu.

Menurut dia, dalam pertandingan shorinji kempo Popmal IV tahun ini ada enam kabupaten dan kota yang menurunkan atletnya untuk bertarung memperebutkan 19 medali emas pada berbagai randori putera maupun puteri serta kelas embu beregu dan campuran.

Pengurus KONI Maluku Jan Heumase saat menutup pertandingan ini mengatakan, cabang olahraga kempo dinilai berhasil dalam memupuk rasa kebersamaan antara pelatih dan seluruh atletnya.

"Cabang olahraga kempo luar biasa, dan sekarang sudah ada nama-nama atlet berprestasi yang akan siap maju di pra PON tahun depan lewat pemusatan latihan indoor maupun outdoor hingga kesiapan PON 2024 Aceh," ujarnya.

Sensei Daud Rante Alinan 5 DAN dari Pengurus Besar Persaudaraan Shorinji Kempo Indonesia (PB Perkemi) mengatakan, kelancaran pertandingan cabang olahraga kempo pada Popmal IV 2022 di Kota Ambon ada di pundak para wasit.

"Pertandingan kempo yang dilaksanakan selama ini tidak pernah ada keributan, dan saya yakin para wasit serta hakim di sini juga sudah mampu melaksanakan apa yang terjadi dalam pertandingan kempo," katanya.

Dalam pertandingan kempo, ia menambahkan, yang diutamakan adalah rasa persaudaraan yang tidak kendur sehingga kejuaraan ini bisa berlangsung dengan tertib, lancar, dan ini berjalan baik karena semua official mengetahui tanggungjawabnya.

Rasa tidak puas atas keputusan dalam pertandingan ini dan lalu melakukan berbagai hal yang tidak semestinya sebagai seorang kenshi, maka itu harus dihindari.

Sementara Ketua Perkemi Maluku Jeremia Lekahena mengingatkan para atet kempo yang baru selesai bertanding untuk terus berlatih saat kembali ke daerah masing-masing.

"Berlatihlah secara rutin dan jangan hanya dilakukan ketika menjelang sebuah event," katanya. (Daniel Leonard/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini