KONI Buru Selatan Targetkan Raih 15 Emas di POPMAL IV

Share:

Dua petinju putri sedang menjalani pemusatan latihan menuju Pekan Olahraga Provinsi Maluku (POMAL) IV, di Namrole, ibu kota Kabupaten Buru Selatan. POPMAL IV mempertandingkan 17 cabang olahraga akan berlangsung di Ambon 17-27 November 2022.
Photo: HO/KONI Buru Selatan/ant

satumalukuID - KONI Kabupaten Buru Selatan menargetkan para atletnya meraih 15 medali emas di ajang Pekan Olahraga Provinsi Maluku (POPMAL) IV yang dijadwalkan berlangsung di Kota Ambon pada 17-27 November 2022.

"Berdasarkan hasil evaluasi dan persiapan yang telah dilakukan maka kami optimistis kontingen Buru Selatan akan meraih 15 medali emas, 22 perak dan 30 perunggu di POPMAL," kata Ketua Harian KONI Buru Selatan A.M Laitupa, dikonfirmasi dari Ambon, Rabu (9/11/2022).

Target itu juga disesuaikan dengan hasil uji tanding yang diraih para atlet dari beberapa cabang unggulan pada sejumlah kejuaraan daerah.

KONI Buru Selatan akan menerjunkan 80 orang atlet yang akan turun bertanding pada 11 cabang dari 17 cabang olahraga yang dipertandingkan di POPMAL.

Para atlet akan didampingi 21 pelatih dan ofisial, di samping pengurus KONI setempat, sehingga total kontingen yang akan diberangkatkan dari Namrole, ibu kota Kabupaten Buru Selatan menuju Kota Ambon pada 15 November sebanyak 112 orang.

"Target perolehan medali emas ada pada cabang olahraga beladiri diantaranya taekwondo, silat, tinju, karate, di samping cabang perorangan seperti catur. Semua cabang olahraga berpeluang mempersembahkan medali untuk Buru Selatan," katanya.

Dia menambahkan, saat ini seluruh atlet yang akan diterjunkan di POPMAL sementara menjalani pemusatan latihan dan diawasi secara ketat oleh pengurus cabang olahraga masing-masing maupun KONI sebagai induk organisasi.

POPMAL IV di Kota Ambon akan mempertandingkan 17 cabang olahraga yaitu atletik, basket, renang, tinju, panahan, tenis meja, karate, sepeda, futsal, catur, panjat tebing, silat, kempo, wushu, e-sport, voli dan taekwondo.

Ajang multi cabang itu oleh KONI Maluku dijadikan perhelatan penting untuk menjaring atlet berprestasi untuk menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) di Aceh dan Sumatera Utara pada 2024.

"POPMAL menjadi ajang sangat penting untuk mempersiapkan atlet berprestasi terutama dari cabang-cabang unggulan penyumbang medali seperti, tinju dan atletik, dengan target peningkatan perolehan medali dan perbaikan peringkat Maluku dalam PON 2024," kata Ketua Harian KONI Maluku, MUstafa Kamal. (Jimmy Ayal/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini