Ketua PKK Tri Tito Karnavian Salurkan Bantuan untuk Warga di Ambon

Share:

Ketua Umum TP PKK Tri Tito Karnavian (tengah) menyerahkan 1.000 paket kebutuhan pokok dan sejumlah bantuan kepada masyarakat di Kota Ambon, Maluku, Kamis (10/11/2022).

satumalukuID - Ketua Umum Tim Penggerak PKK Pusat Tri Tito Karnavian menyalurkan bantuan 1.000 paket kebutuhan pokok untuk warga di lima kecamatan di Kota Ambon, Maluku.

"Bantuan ini diberikan kepada masyarakat yang masuk kategori lansia, ibu hamil, anak-anak dan balita, penyandang disabilitas dan perempuan yang menjadi kepala keluarga," kata Tri Tito Karnavian saat menyerahkan bantuan secara simbolis di Lapangan Merdeka Ambon, Kamis (10/11/2022).

Didampingi Ketua TP PKK Maluku Widya Pratiwi Murad dan Ketua TP PKK Kota Ambon Lisa Wattimena, Tri berharap bantuan tersebut dapat membantu menekan angka stunting atau kekerdilan di Ibu Kota provinsi Maluku itu, dan para penerima manfaat juga mendapat pendampingan, agar bisa menciptakan keluarga sehat berpendidikan.

Dia menegaskan, TP PKK bukan sekedar organisasi perkumpulan kaum wanita tetapi memegang peran penting dalam memberikan edukasi dan motivasi dalam setiap kegiatannya demi menciptakan keluarga yang sehat di lingkungan masyarakat. 

"Saya mengharapkan bantuan pemerintah ini memberikan motivasi kepada kepengurusan PKK di tanah air termasuk di 11 Kabupaten/kota di Maluku, untuk memberikan atensi kepada masyarakat rentan yang menjadi target dalam penerima manfaat dari program ini," katanya. 

Bantuan yang diberikan juga sebagai upaya mendukung kebijakan prioritas pemerintah dalam penurunan angka kematian ibu dan anak lewat revitalisasi posyandu, penurunan prevalensi stunting dan memerangi buta aksara lewat literasi anak usia sekolah.

Selain kebutuhan pokok, Ketua TP PKK juga menyerahkan dokumen administrasi kependudukan berupa buku nikah, kartu keluarga, akte kelahiran, Kartu Identitas Anak (KIA) dan KTP elektronik pemula secara simbolis kepada Fatimah Madilis serta pasangan suami istri Christianus Luthurmas dan Diandra Konduhu.
 
Selain itu, menyerahkan paket Obgyn Bed atau ranjang bantu melahirkan kepada Ketua TP PKK Maluku, peralatan berupa mesin pemanfaatan sabut kelapa untuk Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK, rompi untuk kader PKK Muda.

Ia juga menyerahkan paket Unit Kesehatan Sekolah (UKS) untuk SMA Negeri 2 Ambon, timbangan digital dan puluhan tas keluarga tangguh tanggap bencana serta peralatan sekolah dan buku cerita anak untuk sejumlah sekolah di Ambon.

Tri Tito Karnavian yang didampingi sejumlah Ketua Kelompok Kerja (pokja) TP PKK Pusat juga menyempatkan diri meninjau stan UP2K PKK dari 11 kabupaten/kota di Maluku, yang menampilkan beraneka produk kerajinan tangan, kain tenun, beragam camilan dari pangan lokal serta produk olahan ikan.

Selain itu, Ketua Umum bersama ketua TP PKK dari 11 kabupaten/kota di Maluku juga meninjau pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) tes sebagai salah satu cara sederhana untuk mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkin, kepada puluhan kader PKK di lapangan Merdeka. (Jimmy Ayal/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini