Kapal Pelni Jadi Hotel Terapung untuk Tamu Sail Tidore

Share:

Kapal milik PT Pelni KM Tatamailau akan disiapkan sebagai hotel terapung saat pegelaran Sail Tidore pada 24 - 29 November 2022 di Kota Tidore Kepulauan.

satumalukuID - Pemerintah Kota Tidore Kepulauan (Tikep), Provinsi Maluku Utara  akan menggunakan kapal Pelni KM Tatamailau sebagai hotel terapung bagi para tamu di Sail Tidore 2022 pada 24-29 November mendatang.

"Untuk Sail Tidore ini kami akan siapkan 700 orang untuk gunakan kapal Pelni sebagai hotel terapung yang akan sandar di Pelabuhan Trikora," kata Kadishub Pemkot Tikep, Daud Muhammad di Ternate, Selasa (15/11/2022).

KM Tatamailau akan berada di Pelabuhan Trikora Tidore melayani para pengunjung sebagai tempat menginap selama kegiatan Sail Tidore 2022 dengan fasilitas yang disediakan kelas I ada 14 kursi, kelas 2 sebanyak 10 kamar dengan 40 kursi dan sisanya 600 lebih untuk kelas ekonomi.

Pemkot Tikep menggunakan KM Tatamailau sebagai hotel terapung di sekitar pelaksanaan Sail Tidore di kawasan Tugulufa, karena terbatasnya fasilitas seperti hotel dan penginapan di daerah tersebut

Semenara itu, Wali Kota Ternate M Tauhid Soleman mengatakan, Kota Ternate akan menjadi pintu masuk bagi ribuan wisatawan domestik maupun mancanegara yang akan hadiri Sail Tidore, sehingga perhotelan dan penginapan harus disiapkan, terutama untuk fasilitas yang memadai.

Dia menyatakan Sail Tidore Acara digelar pada 24 sampai 29 November 2022 bertemakan "Tidore Kota Warisan Dunia, Perekat Bangsa-bangsa" akan dimanfaatkan Kota Ternate sebagai kota transit tentunya siap menyambut tamu-tamu dari pusat.

Oleh karena itu, dirinya berharap agar para pelaku usaha dan UMKM yang akan terlibat pada Sail Tidore 2022 di Kota Tikep harus memastikan kesiapan hotel-hotel di Kota Ternate maupun berbagai ole-ole dan jajanan bagi wisatawan yang akan datang ke Ternate.

Wali Kota mengakui Sail Tidore dari sisi ekonomi maupun seni budaya akan berdampak untuk pengembangan ekonomi Ternate, karena sebagai kota transit, Ternate harus menyiapkan sejumlah fasiltas bagi pengunjung Sail Tidore yang datang ke Malut.

Asisten Deputi Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves) Kosmas Harefa menyatakan, pihaknya melakukan pengecekan delegasi tamu sesuai laporan sebanyak 1.000 lebih, tamu VVIP 350 orang, dan sisanya dari kementerian dan lembaga negara.

Dia menyebut, dalam Sail Tidore akan hadir tamu Internasional Yacht Rally dari Kemenparekraf menggelar ivel festival perahu tradisional yang diikuti puluhan kapal berukuran 5 GT.

Bahkan, sejumlah Kementerian juga ditugaskan untuk mendukung berbagai acara dalam pelaksanaan Sail Tidore seperti pentas seni budaya, tarian kolosal, pameran hingga berbagai kegiatan akan meramaikan Sail Tidore. (Abdul Fatah/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini