DLHP Ambon Alokasikan Anggaran Penambahan Armada Sampah

Share:

Tumpukan sampah di Pasar Mardika Kota Ambon.

satumalukuID - Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan (DLHP) Kota Ambon, Provinsi Maluku mengalokasikan anggaran untuk penambahan dua armada pengangkut sampah pada 2023.

"Kita akan menambah dua armada sampah di tahun 2023 melalui APBD Kota Ambon, untuk meningkatkan pelayanan dalam bidang kebersihan, khususnya pengangkutan sampah dari tempat pembuangan sementara (TPS) ke tempat pembuangan akhir (TPA)," kata Kepala DLHP Ambon Edo Hehamahua di Ambon, Kamis (17/11/2022).

Ia mengatakan jumlah armada sampah di daerah tersebut hingga saat ini masih terbatas atau tidak sebanding dengan volume sampah yang harus ditangani.

"Dengan kebutuhan sekarang ini memang masih terbatas, tetapi tahun depan kita telah menganggarkan untuk penambahan dua armada sampah," katanya.

Ia menyatakan pada akhir 2022, pemkot juga akan menerima bantuan satu armada sampah dari MVO Nederlands.

"Bantuan ini dapat membantu proses pengangkutan sampah di sejumlah jalur yang belum terakses selama ini, selain itu Pak Penjabat Wali Kota mendukung pengajuan proposal bantuan armada sampah ke sejumlah pihak," katanya.

Armada sampah yang dimiliki Pemkot Ambon saat ini, yakni truk sampah yang beroperasi 21 unit, amrol tujuh unit, pikap tiga unit, dan 34 armada roda tiga.

"Armada sampah ini melayani lima kecamatan di Kota Ambon, ditunjang petugas sampah sebanyak 862 tenaga, termasuk penyapu jalan dan petugas taman," katanya. (Penina Fiolana Mayaut/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini