Ambon Raih Juara Umum Cabang Olahraga Pencak Silat di Popmal IV 2022

Share:

Atlet Kota Ambon meraih juara umum dari cabang olahraga pencak silat di ajang Popmal IV 2022, di GOR Leimena Lantamal Ambon, Senin (21/11/2022).

satumalukuID - Kota Ambon berhasil meraih juara umum dalam pertandingan cabang olahraga pencak silat di Pekan Olaraga Provinsi Maluku (POPMAL) IV 2022, yang berlangsung di gedung olahraga Leimena Lantamal VI Ambon.

Ambon mendapatkan 14 medali dengan rincian delapan medali emas, lima medali perak, dan satu medali perunggu, menduduki urutan pertama dari cabang olahraga pencak silat.

“Alhamdulillah, selaku ketua saya ucapkan banyak terima kasih kepada para pendukung dalam hal ini KONI Kota Ambon maupun pemerintah kota. Akhirnya target kita untuk mendapatkan delapan medali bisa tercapai,” kata Ketua ikatan pencak silat Indonesia (IPSI) Ambon, Hendra Abubakar, di Ambon, Senin (21/11/2022).

Ia mengatakan, dari seluruh atlet kurang lebih ada 15 yang bertanding, semuanya mendapatkan medali mulai dari emas, perak, hingga perunggu.

“Jadi tidak ada satu atlet pun yang tidak mendapatkan medali, dan itu proses pencapaian yang sangat luar biasa. Selaku ketua IPSI Kota Ambon, saya sangat bangga,” katanya.

Ke depannya, Hendra mengaku, IPSI kota tetap melakukan kegiatan turnamen untuk membangkitkan pesilat-pesilat muda yang ada di Kota Ambon dan terus melakukan pembinaan prestasi untuk pencapaian olahraga silat di Kota Ambon.

“Bukan hanya di Popmal ini, target kita bukan untuk Popmal, tapi Pra PON dan PON untuk membawa nama Maluku pada umumnya untuk mencapai kemenangan yang ada pada Pra PON dan PON nanti,” ujar Hendra.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara pencak silat, Haruna mengatakan, untuk juara umum Dua diraih Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB).

“Dengan perolehan dua medali emas, tiga perak, dan empat perunggu,” katanya.

Sementara untuk juara umum tiga diraih kabupaten Tanimbar, dengan dua medali emas, dan tiga medali perunggu.

Laga final nomor tanding putra, kelas A (45-50) medali emas di raih Arwin Ibrahim, Asal Ambon.

Medali perak diraih, Oktovianus T, Asal Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), dan medali Perunggu (juara bersama) diraih Saiful Bahri, asal Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), dan Rafly Husna, asal Kabupatem SBB.

Kelas B (50-55) medali Emas dirai Narjo, asal Kabupaten SBT, medali perak diraih La Ode Arifudin, asal Kota Ambon. Sedangkan medali Perunggu juara bersama Ariel Sunet, asal Maluku Tengah (Malteng) dan Ricardo Bastian, asal Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD).

Kelas C (55-60) medali emas di raih Suardi H. Slamet asal Kabupaten Buru Selatan (Bursel), medali Perak diraih Ahmad Sopehelewakan asal Kota Ambon.

Semenatara untuk medali Perunggu juara bersama diraih Julius E.Lawala asal Kabupaten SBB, dan Delon Kolatfeka asal Kabupaten SBT.

Kelas D (60-65) medali emas di raih Petrus Balak, asal Tanimbar, perak diraih Alan Sunet, asal Kabupaten Malteng. Sementara untuk medali perunggu (juara bersama) diraih Elon Wantopur asal Kabupaten MBD dan Ode Dedi Dion.

Kelas E (65-70) medali emas di raih M. Saleh, Kota Ambon, medali perak di raih Ridwan Boymau Ambon, Perunggu di raih oleh M. Arafik Seknun, Kabupaten Maluku Tenggara (Malra), dan Aksal G. Permana asal Kabupaten SBB.

Kelas F (70-75) medali emas di raih, Yeheskel asal Tanimbar, Perak diraih Sarahjudal Latuconsina asal kota Ambon, dan Perunggu diraih Jais Bisugi, Kabupaten Bursel dan Khairudin Lakasubun, asal Kabupaten Malra.

Sementara Kategori tanding Putri, kelas A (45-50), medali emas di raih Jenifer T. Selanne asal Kabupaten SBB, medali perak di raih Zakia Kilian Kota Ambon. Medali perunggu di raih Fatma S.Rumahsukun asal Kabupaten Malra, dan Ayuni Kalkulat asal Kabupaten SBT.

Kelas B (50-55) medali emas di raih Fahira Ningkeula, kota Ambon, medali Perak di raih Intan P.P.Betaubun asal Kabupaten Bursel, medali Perunggu (juara bersam) diraih Raudatul J.Elwuar asal Kabupaten Maluku Tenggara, dan Wa Ode Aprisay Y, asal Tanimbar.

Kelas C (55-60) medali emas di raih Eka P. D Polpoke, asal kota Ambon, Perak diraih Sosephina A. Nia asal Kabupaten SBB. Sementara untuk medali Perak (juara bersama) diraih oleh Leonarda N. Key asal Tanimbar dan Sisilia Mataiya asal Kabupaten Aru.

Dan kelas D (60-65) medali emas di raih Siti Nur Helut, kota Ambon, Perak diraih Azzahra Difa. F asal Seram Barat. Sedangkan untuk medali Perunggu diraih oleh Risti A. Umasugy asal Kabupaten Buru dan Mirawati Ramli kontingen asal Kabupaten Malteng. (Winda Herman/ant)

Share:
Komentar

Berita Terkini