Raja-Raja Adat dari Maluku Tiba di Jayapura Hadiri KMAN

Share:

Wakil Ketua Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Jayapura Benhur Wally (batik biru) saat memakaikan mahkota berbulu Kasuari kepada peserta KMAN asal Maluku di Pelabuhan Jayapura, Minggu (16/10/2022)


satumalukuID - Peserta Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) VI asal Provinsi Maluku berjumlah 57 orang tiba di Papua tepatnya di wilayah Adat Tabi, melalui jalur laut, Minggu (16/10/2022).


Mereka disambut oleh tari-tarian dan musik khas Bumi Cenderawasih dan tarian lenso asal Maluku saat tiba di Pelabuhan Jayapura.


Wakil Ketua Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Jayapura Benhur Wally mengatakan pihaknya merasa senang komunitas masyarakat adat asal Maluku menjadi peserta yang pertama di di Papua.


Menurut Wally, komunitas masyarakat adat Maluku sementara akan tinggal Kota Jayapura hingga sampai registrasi selesai.


"Setelah itu baru mereka akan disebar di tempat penginapan yang ada di Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura pada 22 Oktober 2022," katanya.


Dia menjelaskan untuk konsumsi selama peserta KMAN dari Maluku selama berada di Kota Jayapura akan di tanggung oleh Paguyuban Nusantara dan Ikatan Keluarga Besar Maluku (IKEMAL) Provinsi Papua.


Sementara itu, Sekretaris IKEMAL Pupua Herry Silooy mengatakan pihaknya akan menanggung akomodasi para peserta KMAN dari Negeri Raja-Raja tersebut selama empat hari ke depan.


"Sesuai jadwal dari panitia KMAN VI peserta akan melakukan registrasi hingga 20 Oktober sehingga untuk akomodasi kami yang akan tanggung," katanya. (Ardiles Leloltery/ant)

Share:
Komentar

Berita Terkini