Polda Maluku Utamakan Rekrut Bintara Polri 2023 dari Suku Pedalaman

Share:

Pengambilan sumpah pakta integritas Bintara Polri tahun 2023, di ruang rapat utama lantai V Mapolda Maluku, Senin (17/10/2022).
Photo: HO-Polda Maluku/ant

satumalukuID - Kepolisian Daerah (Polda) Maluku mengutamakan peserta seleksi Rekrutmen Proaktif (Rekpro) Bintara Polri tahun 2023 dari suku pedalaman dari kabupaten/kota di Maluku.

“Tahun ini Staf Sumber Daya Manusia (SSDM) Polri ingin berinovasi dalam pelaksanaan rekrutmen calon anggota Polri, sehingga tahun ini kami mulai mencoba mengarahkan target rekrutmen terhadap anak-anak yang ada di suku pedalaman di Maluku,” kata Kepala Biro (Karo) SDM Polda Maluku Kombes Pol Denny Y Putro, di Ambon, Senin (17/10/2022).

Denny juga mengaku, tahun ini SDM Polri dalam pelaksanaan perekrutan calon anggota telah menurunkan ukuran tinggi badan, dengan tujuan memudahkan mendapatkan pemuda-pemudi dari suku pedalaman di Maluku.

“Dan dalam pelaksanaannya juga, kami telah menurunkan ukuran tinggi badan, sehingga dalam bintara rekpro ini, kami dapat para pemuda-pemudi yang ada di suku pedalaman,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, sebanyak 186 orang peserta seleksi Rekrutmen Proaktif (Rekpro) Bintara Polri tahun 2023 sudah mengikuti Pakta Integritas dan Pengambilan Sumpah bersama panitia, maupun pengawas.

Sebanyak 186 peserta seleksi yang mengikuti pakta integritas terdiri dari 155 orang laki-laki dan 31 orang wanita. Sedangkan dari pengawas eksternal, yaitu Dinas Penduduk dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Ambon, Dinas Pendidikan Kota Ambon, Ombudsman Maluku, PWI Maluku, dan LSM Tifa Damai Maluku.

Menurutnya, sistem pelaksanaan seleksi untuk bintara rekpro berbeda dengan seleksi Bintara Polri pada umumnya. Oleh karena itu para peserta diminta untuk banyak berdoa dan berlatih.

"Jangan lupa kalian minta doa restu dari orangtua kalian sebagai bekal kalian selama mengikuti seleksi, dan saya minta juga kalian jangan percaya kepada janji oknum yang mengatakan bisa meluluskan kalian dalam seleksi nanti, karena itu sudah pasti tidak benar. Oleh karena itu berusahalah dengan diri dan kemampuan kalian sendiri," ujarnya lagi.

Kepada para panitia daerah dan pengawas eksternal maupun internal, Denny berharap agar dapat melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan baik, sesuai ketentuan yang sudah ada dalam pelaksanaan seleksi Bintara Polri. (Winda Herman/ant)

Share:
Komentar

Berita Terkini