Lantamal Ambon Siapkan Fasilitas Dukung Penyelenggaraan POPMAL IV

Share:

Komandan Lantamal IX Ambon Brigjen TNI Said Latuconsina (tengah) bertemu pimpinan KONI Maluku dipimpin Ketua Harian Mustafa Kamal (kedua kiri), di Mako Lantamal IX Ambon, Kamis (6/10/2022).
Photo: HO/Dispen Lantamal IX Ambon/ant

satumalukuID - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon menyiapkan sejumlah fasilitas untuk pertandingan cabang olahraga pada Pekan Olahraga Provinsi Maluku (POPMAL) IV yang dijadwalkan berlangsung di Ambon, 17-27 November 2022.

"Secara institusi kami siap mendukung penyelenggaraan POPMAL IV dengan menyediakan fasilitas serta markas komando sebagai lokasi pertandingan beberapa cabang yang akan dipertandingkan," kata Komandan Lantamal IX Ambon Brigjen TNI Said Latuconsina saat bertemu pimpinan KONI Provinsi Maluku, di Ambon, Kamis (6/10/2022).

Said mengatakan, pihaknya akan mendukung program pemerintah daerah terutama untuk peningkatan prestasi olahraga dan melahirkan atlet-atlet berprestasi untuk mengharumkan nama daerah di berbagai event olahraga.

Sebagai ajang multicabang di tingkat provinsi, POPMAL menurut Said menjadi sarana untuk mencari bibit-bibit atlet berkualitas untuk dibina secara berkesinambungan, terutama dalam jangka pendek yakni mewakili Maluku di ajang pra PON dan PON 2024.

"Jadi kami siap mendukung suksesnya penyelenggaraan ajang multi cabang ini, terutama lahirnya atlet-atlet muda belia yang berkualitas untuk mewakili Maluku di berbagai event di masa mendatang," katanya.

Ketua Harian KONI Maluku Mustafa Kamal mengatakan, kehadirannya bersama sejumlah pengurus untuk berdialog sekaligus memohon ijin penggunaan fasilitas dan markas komando sebagai tempat pertandingan beberapa cabang olahraga.

"Sedikitnya lima dari 17 cabang olahraga yang dipertandingakan di POPMAL akan berlangsung di Lantamal Ambon," katanya.

Lima cabang tersebut yaitu renang yang menggunakan fasilitas kolam renang milik Lantamal IX dan nomor Open Water Swimming di perairan Lantamal IX, sedangkan pencak silat dan taekwondo akan dipertandingkan di GOR milik Lantamal serta balap sepeda yang melewati kompleks mako TNI AL itu.

"Khusus balap sepeda selain melewati sejumlah ruas jalan di Kota Ambon, juga akan melewati kompleks Lantamal, mengingat jembatan di Halong Baru yang sementara diperbaiki," katanya.

Mustafa yang didampingi Sekretaris Umum KONI Maluku Roy Mongie mengakui, pihaknya juga turut membahas rencana pembinaan potensi atlet berdinas aktif di Lantamal IX Ambon serta partisipasi atlet yang berstatus prajurit militer di POPMAL IV. (Jimmy Ayal/ant)

Share:
Komentar

Berita Terkini