Dinkes Ambon: Tablet Penambah Darah Atasi Remaja Putri Alami Anemia

Share:

Penjabat Wali Kota Ambon membagikan tablet tambah darah bagi siswa perempuan tingkat SMP dan SMA di kota Ambon.
Photo: Penina F Mayaut/ant

satumalukuID - Dinas Kesehatan Kota Ambon, Maluku, membagikan tablet penambah darah untuk mengatasi anemia yang banyak diderita remaja putri di daerah itu.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy di Ambon, Rabu (26/10/2022), menyatakan 50 persen remaja putri di kota itu menderita anemia atau kurang darah karena kurang mengkonsumsi makanan bergizi.

"Penyebab anemia salah satunya adalah kurang konsumsi makanan bergizi dan kaya zat besi, terutama sayuran hijau, remaja putri umumnya lebih suka makanan cepat saji serta kurang istirahat," katanya.

Ia mengatakan anemia merupakan penyakit yang kerap menyerang para remaja sehingga harus dilakukan pencegahan sejak dini.

Pencegahan dilakukan dengan pembagian tablet penambah darah bagi siswa perempuan di SMP dan SMA di Kota Ambon

"Selama ini sudah dilakukan pembagian tablet penambah darah, tetapi ketika dibagi ke siswa dibawa pulang untuk minum di rumah, belum tentu mereka minum obat," katanya.

Dinkes Ambon, katanya, memprogramkan pembagian obat langsung ke seluruh remaja putri di sekolah, agar diminum satu kali seminggu.

"Kami jadwalkan setiap hari Senin setelah upacara di sekolah, siswa perempuan langsung minum obat di sekolah untuk memastikan bahwa mereka minum," katanya.

Wendy menambahkan seluruh upaya dilakukan agar setelah menikah kesehatan baik maka akan melahirkan anak yang sehat dan tidak stunting.

"Tetapi ketika sel darah merah rendah maka bisa saja bayi lahir prematur, atau bisa juga berat badan lahir rendah, sehingga perlu dipersiapkan sejak usia remaja," ujarnya. (Penina Fiolana Mayaut/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini