Dinas PUPR Ternate Fokus Benahi Drainase Cegah Banjir

Share:

PUPR Kota Ternate fokus perhatian melakukan perbaikan drainase mencegah banjir di 17 titik yang tersebar di tiga kecamatan dalam kota Ternate.

satumalukuID - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) fokus melakukan perbaikan drainase untuk mencegah banjir di 17 titik yang tersebar di tiga kecamatan di kota setempat.

Kadis PUPR Kota Ternate Rus'an M.Nur Taib di Ternate, Selasa (25/10/2022), mengatakan perbaikan drainase di 17 titik yang tersebar di tiga kecamatan ini untuk mengatasi luapan banjir yang terjadi saat hujan deras.

"Dari 17 titik rawan banjir itu, kami melakukan pembenahan enam titik di Kecamatan Ternate Selatan, enam titik di Ternate Tengah dan lima titik di Ternate Utara dengan pagu anggaran senilai Rp2,75 miliar," katanya.

Rus'an M.Nur Taib menjelaskan ada beberapa drainase yang kurang memadai bila curah hujan tinggi dan tidak lancarnya sistem drainase, sehingga menyebabkan banjir.

Sedangkan untuk perbaikan drainase, Rus'an meminta warga agar bersabar, terutama bagi pengguna jalan baik roda dua maupun roda empat karena tumpukan material dapat mengganggu kenyamanan. Diharapkan akhir Desember 2022 pekerjaan perbaikan drainase sudah selesai.

Menurut Rus’an, perbaikan drainase secara keseluruhan memerlukan biaya yang cukup besar, sehingga pada tahun ini baru 17 titik, disesuaikan dengan anggaran.

Dia mengakui kondisi drainase yang ada sekarang ini tidak dapat menampung debit air bila curah hujan tinggi, sehingga drainase harus diperluas. Sementara ada sebagian drainase yang belum sempat diperbaiki pada tahun ini, karena keterbatasan anggaran dan dilanjutkan pada 2023.

Rus’an menambahkan untuk memelihara drainase, masyarakat diimbau untuk meningkatkan kesadaran terhadap lingkungan sekitarnya dengan tidak membuang sampah sembarangan di saluran drainase, karena dapat merusak fungsi drainase, sehingga bisa merusak jalan akibat genangan air. (Abdul Fatah/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini