Baznas Ternate Salurkan 2.660 Penerima Bantuan Konsumtif

Share:

Baznasakan menyalurkan bantuan konsumtif dalam bentuk dana tunai akan diberikan kepada 2.660 keluarga yang berhak menerima di wilayah Kota Ternate.

satumalukuID - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) siap menyalurkan bantuan konsumtif dalam bentuk dana tunai akan diberikan kepada 2.660 keluarga yang berhak menerima di wilayah Kota Ternate.

Ketua Baznas Kota Ternate Drs. H. Adam Ma'rus, M.Pd.I di Ternate, Kamis (6/10/2022) mengatakan total dana yang disalurkan kepada orang yang berhak menerima ini mencapai Rp798 juta.

"Dana ini bersumber dari infak dan sedekah masyarakat, dan merupakan kewajiban Baznas sebagai lembaga amil untuk menyalurkan sesuai aturan dan petunjuk Alquran," ujar Adam.

Dia mengungkapkan, jumlah ini lebih rendah dari tahun sebelumnya yang bisa mencapai 4.000 keluarga.

"Tahun ini kami salurkan bantuan konsumtif hanya satu kali. Kalau tahun sebelumnya itu 4 kali setahun, sekali penyaluran 1.500 keluarga. Asumsi kami terjadi penurunan angka mustahik atau orang yang berhak penerima bantuan konsumsi," ungkapnya.

Menyangkut data mustahik sendiri, kata Adam, diperoleh dari pengurus masjid dan musholah, kemudian ditindaklanjuti dengan verifikasi data oleh pihak Baznas dengan cara turun langsung ke keluarga yang didata.

"Dari sini kami punya data valid dan yang tidak memenuhi syarat akan langsung dihapus dan diganti dengan keluarga lain," kata mantan Kakankemenag Kota Ternate ini .

Sementara itu Wakil Ketua Baznas Kota Ternate Bidang Penyaluran ZIS, Ustad H. Saleh Sakola menjelaskan, penyaluran bantuan ini dibagi tiga sesi, yakni tanggal 9 Oktober 2022 jam 9 pagi di Masjid Kayu Merah untuk penerima bantuan dari wilayah Ternate Selatan dan Pulau Ternate. Jam 1 siang di Masjid Agung Al-Munawwar untuk penerima bantuan dari wilayah Ternate Utara, Ternate Tengah dan Ternate Barat.

Sementara untuk wilayah Pulau Moti dan Pulau Hiri akan disalurkan pada tanggal 22 Oktober 2022.

"Pembagian ini dimaksudkan agar tidak terjadi penumpukan warga pada saat distribusi," kata Ustad Saleh.

Dalam penyaluran bantuan itu, Walikota Ternate M. Tauhid Soleman dijadwalkan akan hadir pada acara tersebut dan akan menyerahkan secara simbolis bantuan konsumtif tersebut kepada perwakilan masyarakat. (Abdul Fatah/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini