Satgas TMMD Sosialisasi Bahaya Narkoba dan Tanggap Bencana di Buru Selatan

Share:

satumalukuID – Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-114 Kodim 1506/Namlea, menggelar sosialisasi tentang bahaya  narkoba serta tanggap bencana kepada siswa SMP dan SMK di Kabupaten Buru Selatan (Bursel), Maluku.

“Sosialisasi tentang bahaya narkoba dan siaga tanggap bencana ini merupakan bagian dari program TMMD non fisik, selain pembangunan sejumlah infrastruktur dasar,” kata Pasiter Kodim 1506/Namlea Kapten Inf M. Haris Tumenggung, di Namrole, ibu kota Kabupaten Buru Selatan, Senin (15/8/2022).

Sosialisasi yang dilakukan dalam beberapa hari terakhir itu, katanya, untuk meningkatkan kesadaran generasi muda akan bahaya narkoba yang kian marah penyebarannya.

“Tidak mudah mempersiapkan generasi muda yang bebas narkoba, mengingat faktor lingkungan yang sangat kuat dalam membentuk kepribadian mereka, apalagi peredaran narkoba semakin masif dan menjangkau semua segmen,” tandasnya.

Seluruh elemen, katanya berkewajiban menghimbau dan mengajak para pemuda menghindari diri dari penyalahgunaan narkoba melalui penyuluhan. “Mari sama-sama jaga generasi muda kita dari pengaruh penyalahgunaan berbagai jenis narkotika yang sangat merusak,” ujarnya.

Sedangkan menyangkut sosialisasi tanggap bencana, menurutnya, perlu dilakukan terus menerus di lingkungan sekolah agar siswa dan guru memiliki pengetahuan yang cukup serta sigap saat terjadi bencana sewaktu-waktu.

“Kegiatan edukasi bencana di sekolah sangatlah penting untuk anak-anak usia dini, supaya mengerti cara mengatasi dan menyelamatkan diri jika terjadinya bencana, mengingat kebanyakan korban bencana adalah anak-anak,” katanya.

Anggota BNN kabupaten Buru Selatan Martin Refialy mengajak para pelajar tetap waspada akan penyebaran dan pengaruh narkoba di lingkungan sekolah maupun di pemukiman mereka

Pihaknya, saat ini menyasar sekolah-sekolah sebagai lokasi penyuluhan untuk menumbuhkan pemahaman dan pengetahuan generasi penerus bangsa itu akan bahaya narkoba, termasuk melibatkan berbagai komponen dalam mencegah peredarannya.

Share:
Komentar

Berita Terkini