PAN Maluku Utara Rekomendasi Empat Nama Bakal Calon Gubernur di Pilgub 2024

Share:

satumalukuID – Dewan Pimpinan Wilayah Partai Amanat Nasional (PAN) Maluku Utara (Malut) merekomendasikan empat nama untuk  bakal calon dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Malut tahun 2024.

“Empat nama yang direkomendasikan sebagai bakal calon Gubernur Malut, dua dari eksternal diantaranya Bupati Halmahera Tengah Edi Langkara dan Muhammad Kasuba yang juga mantan Bupati Halmahera Selatan,” Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPW PAN Malut, Hairun Rizal, usai pelaksanaan kegiatan Rakerwil ke-I PAN Malut, di Ternate, Minggu (14/8/2022).

Sedangkan, dua nama bakal calon gubernur dari internal pantai berlambang bintang itu yakni Ketua DPW PAN Iskandar Idrus, dan Kasman H. Ahmad yang menjabat Sekretaris Majelis Pertimbangan Wilayah (MPW) DPW PAN Malut.

“Ada empat nama, dua dari kader terbaik internal dari DPW PAN Malut dan dua dari eksternal. Dari Internal adalah saudara Iskandar Idrus yang merupakan Ketua DPW PAN Malut dan yang kedua adalah Kasman Hi Ahmad yang merupakan Sekretaris MPW DPW PAN Malut. Berikutnya yang direkomendasi dari eksternal adalah Saudara Edi Lankara dan yang keempat adalah Muhammad Kasuba,” kata Hairun Rijal.

Dari nama-nama tersebut selanjutnya akan dibawa ke Rapat Kerja Nasional (Rakernas) DPP PAN yang bakal dilaksanakan pada tanggal 26 dan 27 Agustus 2022.

“Dari rekomendasi empat nama tersebut akan secara resmi dibawa oleh DPW pada Rakernas pada Tanggal 26-27 di Jakarta, untuk ditindaklanjuti oleh DPP,” kata Hairun.

Dirinya menjelaskan, dari hasil Rakernas nanti ada dua nama yang bakal ditetapkan sebagai bakal calon Gubernur, dan nama-nama tersebut akan disampaikan usai pelaksanaan Rakernas.

“Di Rakernas nanti dia akan mengerucut menjadi dua nama, dan dari dua nama itu salah satunya akan disahkan secara final dan direkomendasikan oleh DPP menjadi bakal calon Gubernur Provinsi Malut Periode 2024-2029,” kata Hairun.

Hairun menegaskan, penetapan nama-nama yang diputuskan pada Rakerwil ke-l DPW PAN Malut itu tentunya menindaklanjuti instruksi dari DPP. Soal siapa yang akan diputuskan nanti pihaknya menghormati dan menghargai keputusan tersebut.

Selain merekomendasikan empat nama sebagai bakal calon Pilgub Malut 2024, dalam Rakerwil ke-l itu juga difokuskan pada finalisasi data bakal calon Legislatif (Bacaleg) Provinsi, dan Kabupaten/kota yang akan maju bertarung pada Pemilihan Legislatif 2024.

“Dalam Rakerwil ini juga melakukan pembahasan terkait finalisasi data Bacaleg baik dari baik tingkat DPRD Provinsi maupun Kabupaten/Kota sesuai dengan dapilnya masing-masing. Dan juga berkaitan dengan finalisasi data saksi sesuai dengan TPS di tingkat Kab/Kota dan dapilnya masing-masing,” tambahnya

Sebelumnya Rakweril I DPW PAN Malut dibuka secara langsung oleh ketua umum DPP PAN Zulkifli Hasan melalui l virtual, dihadiri ketua DPW PAN Malut Iskandar Idrus, jajaran pengurus kabupaten dan kota, bakal calon Gubernur Malut Edi Langkara, serta perwakilan partai politik.

Share:
Komentar

Berita Terkini