Markas Polda Maluku Utara Segera Pindah dari Ternate ke Sofifi

Share:

satumalukuID – Kepolisian Daerah (Polda), Maluku Utara (Malut) dalam waktu dekat akan mengalihkan seluruh aktivitas dan memindahkan markas dari Kota Ternate ke Sofifi, Ibu Kota Provinsi Malut.

“Saya telah mengecek sejumlah fasilitas dan ruangan di Mako Polda Sofifi, karena rencana aktivitas Polda Malut dari Ternate ke Sofifi,” kata Kapolda Malut, Irjen Pol Risyapudin Nursin di Ternate, Minggu (14/8/2022).

Sofifi sudah ditetapkan menjadi Ibu Kota Provinsi Malut sejak 4 Agustus 2010, dan pusat pemerintahan Pemprov hingga kantor Gubernur Malut dipindahkan dari Ternate ke sana. Namun, hingga kini Mako Polda Malut masih berkedudukan di Kota Ternate.

Menurut Risyapudin, Polda Malut akan menunjukkan keseriusannya untuk berkantor di Ibu kota Provinsi Malut itu, dan telah bersama sejumlah pejabat Polda datang langsung meninjau Mako Polda di Sofifi, pada Sabtu (13/8) kemarin.

Risyapudin Nursin juga telah memerintahkan ke seluruh pejabat masing-masing Satuan Kerja (Satker) untuk mengecek segala kekurangan yang dibutuhkan untuk menunjang kegiatan Polda di Sofifi.

“Saya telah meminta seluruh pejabat utama untuk melakukan pengecekan apa-apa saja yang kurang dan segera laporkan,” ujarnya.

Selain it, Kapolda Malut juga meminta seluruh Kasatker untuk mengecek kondisi Mako Polda Malut, sehingga bisa diketahui apa saja yang nantinya diperbaiki sebelum pindah.

“Saya minta semua ruangan dicek dan di tandai ruangan-ruangan mana yang akan ditempati, dan segera dilakukan perbaikan kembali,” katanya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Malut, Kombes Pol Michael Irwan Tamsil ketika dikonfirmasi mengatakan dalam rangka untuk aktivitas Polda Malut dari Ternate ke Sofifi, maka Kapolda datang langsung untuk mengecek seluruh kesiapan infrastruktur.

Dimana, dalam pengecekan ini, seluruh proses awal ini masih dalam tahap pembenahan sejumlah fasilitas yang masih dianggap kurang dan telah dicek itu mulai dari sarana prasarana, seperti air, jaringan telekomunikasi, listrik serta fasilitas penunjang lain.

Dirinya menambahkan, semua akan dilengkapi secepatnya baru semua Kasatker akan pindah untuk berkantor di Sofifi, karena pak Kapolda juga secepatnya sudah akan pindah dan memulai aktivitas di Sofifi sebagai ibukota Provinsi Malut.

Sebelumnya, wacana untuk memindahkan seluruh aktivitas Polda Malut ke Sofifi telah direncanakan sejak tahun 2014 lalu, akan tetapi, karena kondisi infrastruktur dan berbagai fasilitas belum mendukung, sehingga aktivitas perkantoran Mapolda Malut masih terpusat di Kota Ternate.

Share:
Komentar

Berita Terkini