DKP Gelar Bimtek Kembangkan Kualitas Nelayan Kepulauan Sula Maluku Utara

Share:

satumalukuID – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul), Maluku Utara (Malut) gelar Bimbingan Teknis bagi nelayan dengan memberikan pemahaman dan pengetahuan guna mengembangkan kualitas tangkap nelayan.

“Selain itu, dalam memajukan nelayan di Kabupaten Kepsul, tentunya diberikan cara-cara tangkap ikan secara baik,” kata Kepala Bidang Tangkap DKP Kabupaten Kepsul, Meilani Umamit dihubungi dari Ternate, Selasa (16/8/2022).

Dia mengatakan ini, untuk diperuntukkan bagi masyarakat nelayan, sehingga diadakan bimbingan teknis ini dan DKP akan mengusulkan kampung nelayan, sehingga dapat memberikan kontribusi bagi nelayan saat melaut.

Selain itu, kata Meilani, pihaknya akan adakan lagi bimbingan teknis terkait dengan tata cara merakit soal penangkapan ikan.

“Pelatihan ini dikhususkan bagi para nelayan dan khusus masyarakat Desa Bajo, karena Desa Bajo merupakan salah satu desa maju dalam bidang nelayan, yang  sekarang di usulkan ke pihak Pemerintah Provinsi Malut,” ujarnya.

Dia menjelaskan bahwa selain di desa Bajo akan juga rencanakan di desa-desa yang lain, serta akan dikembangkan soal budidaya.

“Salah satu desa yang saat ini sudah menjadi usulan untuk kembangkan budidaya yakni desa Fukweu Kecamatan Sanana Utara,” katanya.

Untuk desa yang saat ini diusulkan menjadi budidaya yakni desa Fukweu. Dan sekarang masih melengkapi administrasi dan apabila kedepan kampung desa Bajo sudah memiliki kemajuan maka kita akan kembangkan lagi untuk desa yang lain.

“Jadi Desa Bajo ini menjadi tolak ukur apabila, ke depan sukses dan ditetapkan kampung nelayan maju sudah barang tentu tahun depan kita akan usul bagi desa-desa yang lain,” ujarnya

Sementara itu, terkait kegiatan festival Kampung Nelayan ini, ada proposal yang masuk guna untuk bantu anggaran dalam melaksanakan Festival Kampung Nelayan di Pastabulu.

Share:
Komentar

Berita Terkini