PLN Harapkan Lab Surya Universitas Pattimura Dukung Kualitas SDM di Maluku

Share:

satumalukuID – General Manejer PT. PLN (Persero) Unit Induk wilayah Maluku-Maluku Utara, Adams Yogasara, mengharapkan keberadaan Laboratorium Surya di Fakulas Teknik Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon semakin mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia di daerah ini.

“Lab Surya ini merupakan salah satu pintu masuk untuk pengembangan teknologi energi baru terbarukan dan mudah-mudahan bisa mendukung SDM di Maluku sehingga pengembangan energi terbarukan semakin lebih baik lagi,” kata Adams di Ambon, Jumat (8/7/2022).

Menurut dia, PLN sudah menjalin kerjasama dengan Unpatti Ambon dan salah satu programnya adalah melakukan perbaikan jaringan PLTS di Pulau Tiga.

Perbaikan tersebut dilakukan terhadap peralatannya seperti inverter hingga perangkat panel, kemudian SDM juga dilatih di lab Surya Fakultas Teknik Unpatti Ambon.

Manejer Program NZMATES Maluku, Fitri Yanti Baharudin mengatakan, NZMATES merupakan program bantuan teknis kepada setiap mitra utamanya dan tidak ada program infrastruktur.

“Namun juga punya pilot project seperti solar lab, termasuk refurbishment atau perbaikan PLTS Pulau Tiga milik PLN yang akan jalan dalam waktu dekat,” katanya.

NZMATES adalah sebuah program kerjasama New Zeland-Maluku Acces to Renewable Energy Support untuk meningkatkan penyerapan energi yang terjangkau, andal, dan terbarukan dalam meningkatkan kesejahteraan sosial dan pembangunan ekonomi di Maluku.

Program ini mendapatkan bantuan dana dari Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan Selandia Baru yang bermitra dengan perusahaan PT. PLN (Persero) serta Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM.

Share:
Komentar

Berita Terkini