Pangdam Pattimura Baru Janji Lanjutkan Program Mutiara Pattimura

Share:

satumalukuID – Mayjen Ruruh Setyawibawa, yang baru menjabat sebagai Panglima Kodam XVI/Pattimura, berjanji akan melanjutkan program “Mutiara Pattimura” yang telah dirintis Mayjen Richard Tampubolon karena dinilai memberi manfaat untuk masyarakat dan mendekatkan TNI dengan rakyat.

“Selaku pimpinan yang baru saya akan melanjutkan program Mutiara Pattimura yang telah dirintis pak Richard Tampubolon, karena dampaknya lebih mendekatkan Kodam dengan masyarakat Maluku dan Maluku Utara (Malut),” kata Mayjen Ruruh pada acara pisah sambut Pangdam XVI/Pattimura, yang berlangsung di Ambon, Kamis (21/7/2022) malam.

Program Mutiara Pattimura juga dinilainya berdampak besar menciptakan ketahanan pangan di dua provinsi bertetangga itu, baik di bidang pertanian dan perikanan, di samping menerobos keterisolasian daerah terluar di bidang kesehatan melalui kehadiran motor ambulans.

“Jadi program ini (mutiara pattimura) luar biasa sekali dalam hal mendekatkan jajaran TNI dengan masyarakat. Mudah-mudahan kehadiran saya bisa memperkuat dan mempertebal kedekatan sehingga keberadaan dan kehadiran Kodam bisa dirasakan masyarakat,” katanya.

Pada pisah Sambut yang dihadiri Gubernur Maluku Murad Ismail serta Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba, Pangdam Ruruh juga menyatakan siap bersinergi dan koordinasi serta kolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Maluku dan Maluku Utara, disamping bersama Polri menjaga dan merawat keamanan di dua provinsi tersebut.

Dia juga berterima kasih kepada Mayjen Richard Tambubolon yang dipromosikan sebagai Irjenad sekaligus berharap kepemimpinannya di tempat yang baru lebih mempermudah koordinasi antara Kodam Pattimura dengan petinggi TNI termasuk pemerintah pusat, sehingga kebutuhan dan program Kodam untuk bersentuhan langsung dengan masyarakat dapat terus terlaksana.

“Kebetulan pak Richard sebagai Irjenad, tentunya dapat melihat perkembangan apa yang dilakukan Kodam Pattimura waktu demi waktu, dan saya berharap beliau bisa mendukung kami,” ujarnya.

Sedangkan Mayjen Richard Tampubolon menyampaikan terima kasih atas dukungan semua pihak, termasuk pemerintah provinsi Maluku dan Malut selama dirinya menjabat Pangdam Pattimura dalam kurun enam bulan terakhir.

Ia pun berpamitan dengan seluruh jajaran Kodam serta memohon maaf jika ada kesalahan yang dilakukan selama memimpin Kodam XVI/Pattimura yang wilayah tugasnya menjangkau dua provinsi itu.

“Kepemimpinan saya di Maluku dan Malut terlalu singkat. Masih banyak pekerjaan yang belum dilaksanakan. Namun kesannya bagi saya sangat luar biasa setidaknya saya sudah sempat lihat prajurit yang bertugas di seluruh kepulauan di Maluku dan Malut dan juga melakukan pendekatan dengan masyarakat,”

Dia berharap Kodam Pattimura selalu ada di hati masyarakat dan selalu hadir membawa solusi dan menjadi pelindung bagi masyarakat.

Khusus program Mutiara Pattimura, Richard mengaku masih banyak yang harus dilakukan baik pendampingan di bidang pertanian, perikanan dan kesehatan termasuk juga bagaimana upaya mengakselerasi faktor kebinekaan.

Sedangkan Gubernur Maluku Murad Ismail juga menyatakan terima kasih atas pengabdian dan dedikasi yang dilakukan Mayjen Richard Tampubolon dalam memperkuat teritorial di di Maluku Malut, termasuk membangun ketangguhan masyarakat mengatasi krisis melalui berbagai program unggulan.

Dia berharap Pangdam Pattimura yang baru dapat melanjutkan tugas pengabdian untuk memperkuat eksistensi dan peran Kodam Pattimura dalam meningkatkan keamanan serta merawat kebinekaan di Maluku dan Malut.

Share:
Komentar

Berita Terkini