Dinas Tenaga Kerja Ternate Dorong Job Fair Dilaksanakan Dua Kali Setahun

Share:

satumalukuID – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Ternate, Maluku Utara mendorong agar pelaksanaan Job Fair dapat dilaksanakan dua kali dalam setahun, guna menekan tingginya angka pengangguran di daerah ini.

Kabid penempatan dn perluasan kesempatan kerja Disnaker Kota Ternate, Ikram Halil di Ternate, Jumat (29/7/2022), mengatakan, ke depan Disnaker akan melakukan kegiatan pameran bursa kerja atau Job Fair dua kali dalam setahun, alasannya karena setiap tahun banyak perguruan tinggi dan lembaga lainnya telah mewisudakan banyak sarjana, namun keterbatasan lapangan kerja.

“Pemerintah bersedia memfasilitasi pencaker dengan pihak perusahaan seperti yang dilakukan pemkot selama dua hari ini,” ujar Ikram.

Pemkot dalam gal ini disnaker memiliki tanggung jawab besar dalam menjawab kegelisahan masyarakat melalui job fair ini.

Ikram Halil, mengatakan kegiatan Job Fair ini adalah langkah untuk menekan angka pengangguran di Kota Ternate dan Maluku Utara pada umumnya.

Dia menambahkan, untuk tata cara pendaftaran, bisa langsung ke Dhuafa Center dan bertemu dengan HRD perusahaan untuk mendaftar, atau bisa mengakses dan mendaftar melalui link bursa kerja Ternate di laman http://lentera-disnaker.ternatekota.go.id.

Ikram mengaku, para peserta yang telah mendaftar di link Lentera, selanjutnya akan dimasukkan ke link Siap Kerja dan nama pencari kerja langsung terdaftar di Kementerian Tenaga Kerja. Waktu pendaftarannya juga hanya berlangsung dua hari sejak dibuka.

“Semua berkas masuk akan diverifikasi oleh perusahaan masing-masing, sehingga mereka yang belum beruntung di 2021 lalu, bisa mencoba kembali sesuai ilmu dan keterampilan yang dibutuhkan oleh pencari kerja di daerah ini.

Sementara itu, pada kegiatan Job Fair selama dua hari dimulai 28-29 Juli 2022 di Kota Ternate, sebanyak 32 Perusahaan yang berada di Provinsi Malut membuka lowongan dan dari 32 Perusahaan dibuka 1.610 lowongan kerja dengan 81 job atau jabatan yang tersedia.

Sedangkan, hingga ditutupnya pelaksanaan Job Fair di Ternate, terdapat 2066 orang pendaftar dan memasukkan berkas lamaran sebanyak 478 orang.

Share:
Komentar

Berita Terkini