KPK Terus Periksa Para Saksi di Jakarta untuk Kasus Mantan Walikota Ambon

Share:

satumalukuID – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI secara intensif atau terus melanjutkan pemeriksaan sejumlah saksi terutama para pejabat dan staf berbagai dinas/badan di lingkungan Pemerintah Kota Ambon.

Pemeriksaan tersebut terkait dengan dugaan kasus tindak pidana korupsi (Tipikor) mantan Walikota Ambon dua periode, Richard Louhenapessy (RL) dan stafnya Andre Hehanusa (AH) dan staf ritel Alfamidi Ambon, Amri.

Lanjutan pemeriksaan itu, sudah dilakukan sejak hari Selasa (7/6/2022) pada gedung KPK di Jakarta terhadap empat orang saksi dari Pemkot Ambon. Kemudian hari ini Kamis (9/6/2022) juga ada pemeriksaan dua saksi lainnya.

Plt Jubir KPK, Ali Fikri dalam keterangan kepada wartawan Selasa membenarkan pemeriksaan Tim Penyidk KPK terhadap empat pejabat Pemkot Ambon tersebut.

“Benar, ada empat orang yang dipanggil KPK untuk diperiksa sebagai saksi di Kantor KPK di Jakarta,,” ujarnya.

Empat pejabat dan staf Pemkot Ambon yang dimintai keterangan tim penyidik KPK pada Selasa yaitu Sirjohn Simarmata (Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Ambon tahun 2021 – sekarang).

Ivonny Alexandra Latuputty (Ketua Pokja II UKPBJ 2017 / Anggota Pokja II UKPBJ 2018 – 2020), Jermias Tuhumena (Pokja UKPBJ) dan Charly Tomasoa (Pokja UKPBJ).

Sementara itu, informasi yang diterima dari sumber di Jakarta, KPK hari ini Kamis (9/6/2022) kembali memeriksa empat orang saksi lagi dari Pemkot Ambon.

Keempat saksi itu adalah drg Wendy Pelupessy/P (Kadis Kesehatan Kota Ambon) dan E. Talahatu (bendahara Dinas Kesehatan Kota Ambon).

Serta dua saksi yakni Arif Sutanto (Sopir mantan Walikota Ambon di Jakarta) dan Agustinus Tubalawoni (Sopir mantan Walikota Ambon di Jakarta).

“Yang pasti. Untuk saksi Kadis Kesehatan dan bendaharanya, sesuai jadwal di periksa pukul 10.00 WIB di gedung KPK,” ungkap sumber media ini.

Diinformasikan pula, setelah ini, penyidik KPK akan melanjutkan pemeriksaan saksi lain pada hari Jumat (10/6/2022).

“Infonya untuk jadwal pemeriksaan saksi hari Jumat itu diantaranya Chandra Futwembun (salah satu Kabid di PU), bendara Diknas Kota Ambon dan lainnya,” beber sumber itu lagi.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Kota Ambon drg Wendy Pelupessy/P sempat dikonfirmasi media ini, namun menolak berkomentar banyak.

“Iya. Saya sudah di Jakarta untuk penuhi panggilan KPK. Tapi maaf. Saya belum bisa berkomentar,” ujarnya, Kamis pagi (9/6/2022).

Share:
Komentar

Berita Terkini