Kapolda Maluku Minta Perhotelan di Ambon Ikut Populerkan Jus Pala

Share:

satumalukuID – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, meminta jus pala dijadikan minuman wajib menyambut tamu (welcome drink) di seluruh hotel di Kota Ambon, supaya produk khas UMKM Maluku itu lebih populer.

“Kami berharap sebetulnya ada kepedulian seluruh pelaku usaha menjadikan pala ini sebagai buah unggulan. Salah satu contoh sederhana, yaitu jadikan minuman di welcome drink hotel. Tapi saya lihat semua belum melakukan itu,” kata Kapolda Maluku, usai pemecahan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI), minum jus pala terbanyak secara hybrid di Lapangan Letkol Pol Chr Tahapary, Kota Ambon, Sabtu (25/6/2022).

Menurut jenderal bintang dua itu, apabila seluruh hotel bisa memberikan welcome drink dengan menyediakan jus pala, maka itu jadi salah satu aksi nyata dalam membantu masyarakat khususnya petani pala itu sendiri.

“Itu salah satu aksi nyata tidak berteori tapi aksi nyata kita melakukan. Karena pasti efeknya bergulir, nanti ada yang beli ke petaninya langsung, atau beli ke masyarakat,” ujarnya.

Kapolda mengaku, Polda Maluku sendiri sudah memulai mengangkat buah pala ini untuk dikenal oleh masyarakat luas, salah satunya dengan melakukan pemecahan rekor MURI minum jus pala terbanyak, yakni mencapai 16.076 botol.

“Ya kita sudah mulai. Selain itu, kalau di ruangan saya, pasti yang saya hidangkan pala. Itu salah satu contoh. Manisan pala apa pun lah yang sifatnya ada kaitannya dengan pala,” katanya.

Kapolda melanjutkan, pemecahan rekor MURI minum jus pala terbanyak ini juga sebagai upaya mengangkat pala untuk dikenal luas bakk di tingkat Indonesia, mau pun tingkat dunia.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan ini, bisa juga mengangkat perekonomian rakyat kecil dan menghidupkan kesejahteraan bagi masyarakat, dan tentu saja ini sebagai katakanlah pemantik untuk seluruh masyarakat untuk peduli terhadap beberapa unggulan-unggulan yang ada di Maluku ini,” harapnya.

Ia menyebutkan, ia mengangkat buah pala ini karena memiliki cerita sejarah yang luar biasa, dan ingin memberi manfaat kepada seluruh masyarakat.

“Polda akan selalu meningkatkan pelayanan dan perlindungan bagi masyarakat. Kami meluncurkan program basudara manise untuk menciptakan keamanan, kedamaian dan terakhir kesejahteraan. Inilah wujud kita memberikan kesejahteraan bagi masyarakat,” pungkas Kapolda Maluku.

Jus pala Maluku merupakan minuman khas produksi UMKM, terutama di Negeri Morella dan Banda, Kabupaten Maluku Tengah. Namun, jus pala pemasarannya sejauh ini baru mencapai pasar di Kota Ambon, khususnya di pusat-pusat perbelanjaan.

Share:
Komentar

Berita Terkini