BMKG Ternate Imbau Waspadai Hujan Deras Berpotensi Banjir

Share:

satumalukuID – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Sultan Baabullah Ternate, Maluku Utara (Malut), mengimbau seluruh masyarakat, terutama berada di kawasan bantaran kali untuk berhati-hati, menyusul tingginya curah hujan dengan intensitas lebat berpotensi mengakibatkan banjir.

Prakirawan Cuaca BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Baabullah Ternate, M. Fauzi Bintiang, Sabtu (25/6/2022), menyatakan, warga untuk berhati-hati menyusul adanya potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang melanda wilayah Malut.

“Olehnya itu, kami meminta agar warga agar berhati-hati karena curah hujan dengan intensitas lebat berlangsung hingga 15.44 WIT disertai banjir,” katanya.

Menurut dia, BMKG mencatat, masih berpotensi terjadi Hujan Sedang-Lebat yang dapat disertai Kilat/Petir dan Angin Kencang di Kabupaten Halmahera Barat seperti Jailolo, Loloda, Ibu, Sahu, Tabaru, Ibu Selatan, Kabupaten Halmahera Utara di Kao.

Kabupaten Halmahera Timur di Wasile Utara, Kabupaten Pulau Morotai Morotai Selatan Barat, Morotai Jaya, Kota Ternate terjadi di Kota Ternate Selatan, Kota Ternate Tengah, Kota Tidore Kepulauan di Oba Utara, Tidore Utara  dan sekitarnya.

Sementara itu, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kota Ternate menyatakan, aktivitas pelayaran dari dan berbagai daerah antar-pulau di Malut tetap dibuka, meskipun dalam dua hari terakhir adanya cuaca buruk disertai angin kencang.

Kepala Seksi Lalulintas angkutan laut KSOP Ternate, Djunaidi dihubungi menyatakan, aktivitas pelayaran dari Ternate dan berbagai daerah lainnya tetap normal, walaupun cuaca dalam dua hari terakhir sebagian besar wilayah Malut dilanda hujan deras disertai angin kencang.

Akan tetapi, KSOP akan terus memantau kondisi cuaca jika masih terjadi cuaca ekstrim dan ada warning dari BMKG Sultan Baabullah Ternate, maka dilakukan penundaan keberangkatan kapal.

Share:
Komentar

Berita Terkini