Produsen Kapal Terbang Teknologi WIG dari Korsel akan Berkunjung ke Maluku

Share:

satumalukuID – Perusahaan asal Australia PT. Tasageoby Group yang akan berinvestasi di Maluku dengan mengoperasikan kapal terbang berteknologi Wing In Ground (WIG) Effect atau WIG Craft dalam waktu dekat akan mendapatkan kunjungan dari pihak Aron Flying Ship Ltd. di Korea Selatan (Korsel).

“Dipastikan dalam bulan ini, pihak Aron Flying Ship Ltd. dari Korea Selatan, selaku pihak produsen kapal WIG akan datang ke sini,” ujar Managing Director PT Tasageoby Group Maani Tuasikal, kepada media ini, Senin (16/5/2022).

Terkait kunjungan tersebut, Maani katakan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Maluku, pekan kemarin.

“Rapat koordinasi untuk persiapan kunjungan pihak Aron serta terkait kedatangan WIG Craft Aron M80 untuk uji coba pada akhir tahun ini, sudah kami lakukan minggu kemarin bersama Dinas Perhubungan Provinsi Maluku, termasuk beberapa Dirjen dari Kementerian Perhubungan,” ungkap Maani.

Rapat koordinasi lanjutan,juga telah berlangsung di ruang rapat lantai 2 kantor Gubernur Maluku Kamis lalu (12/5/2022). Rapat yang dibuka Asisten III Setda Maluku Habiba Saimima ini, hadir pihak terkait seperti Dinas Perhubungan Maluku, Dinas Pariwisata Maluku, Bappeda Maluku, BKPM Daerah Maluku, Tim Gubernur Percepatan Pembangunan, serta sejumlah OPD terkait.

Dari Tasageoby Group, tambah Maani, selain dirinya, ikut hadir CEO Tasageoby Group Stuart Janes, Commercial Director Arfiah Janes dan Information and Communication Director Zairin Salampessy.

Pertemuan ini juga, disebut Maani, merupakan kelanjutan dari hasil penjajakan awal wacana penggunaan WIG Aircraft di Maluku yang sudah dipresentasikan oleh Tasageoby Group kepada Gubernur Maluku tahun lalu.

Beberapa hal penting yang dibahas dalam pertemuan ini, seperti penentuan terminal utama dan hanggar WIG Craft yang ada di Ambon, serta penyiapan MoU, dan pengenalan teknis secara detail dari kapal terbang Aron M80.

Sebagaimana diketahui, WIG Craft ini merupakan salah satu moda transportasi yang paling efisien untuk menjangkau daerah-daerah yang terisolasi.

“Hal ini disebabkan kebutuhan infrastruktur yang cenderung minim untuk pendaratan WIG Craft. Selain itu, mengingat kondisi geografis Maluku yang berbasis kepulauan, adanya WIG Craft ini berpotensi buka akses untuk daerah-daerah yang punya potensi pariwisata yang besar namun terhalang permasalahan transportasi,” paparnya.

Stuart Janes, CEO Tasageoby Group pada rapat kerja tersebut, menjelaskan bahwa teknologi yang diperkenalkan ini tergolong baru bukan hanya untuk Maluku, namun di Indonesia maupun Asia Tenggara.

Maluku diharapkannya dapat menjadi model atay contoh dalam pengaplikasiannya, sehingga dapat diterapkan di daerah lain. Stuart melanjutkan bahwa komitmen yang diberikan pihaknya adalah komitmen penuh, sehingga setiap tahapnya akan dijalani bersama.


“Kami akan mendatangkan satu unit WIG Craft di Maluku untuk uji coba atau demonstrasi, yang dimaksudkan juga demi kepentingan assesment dari Kementerian Perhubungan RI, untuk finalisasi regulasi WIG di Indonesia,” tambah Commercial Director Arfiah Janes.

Dia katakan, pihaknya juga sudah berkonsultasi dengan Divisi Keselamatan Maritim Indonesia, untuk menghasilkan regulasi bagi pengoperasian WIG Craft di perairan Indonesia.

“Di bulan April 2022, Tasageoby Group diundang oleh Direktorat Keselamatan dan Kelautan Maritim, yang bertanggung jawab atas Peraturan Maritim di Indonesia, untuk menghadiri lokakarya dua hari guna membahas Peraturan Kapal WIG untuk Indonesia,” terang Arfiah.

Pihaknya, tambah Arfiah, diminta untuk mempresentasikan di forum informasi tentang operasi dan spesifikasi WIG. Tasageoby Group terlibat dengan beberapa lembaga lain yang hadir untuk bertukar pikiran tentang cara terbaik untuk kemajuan dan memperkenalkan Peraturan Kapal WIG untuk Indonesia.

Sementara menyinggung tentang kapan persisnya pihak Tasageoby akan mendatangkan kapal terbang Aron M80 untuk memulai uji coba terbang di Maluku, Arfiah katakan, hal ini akan sangat tergantung kepada pihak Pemerintah Provinsi Maluku, terkait kesiapan lahan untuk terminal utama dan hanggar di Ambon serta penyiapan MoU.

“Kami berharap MoU dari Pemprrov Maluku sudah tuntas, sebelum kedatangan pihak Aron Flying Ship Ltd. dari Korea Selatan sebagai produsen kapal terbang Aron M80, untuk menunjukkan support dari Pemerintah Provinsi Maluku, sebagai pihak di Asia Tenggara yang akan pertama kali menggunakan teknologi pesawat terbang WIG ini,” ujar Arfiah. (SM-05)

Share:
Komentar

Berita Terkini