Malam Takbiran Sambut Hari Raya Idul Fitri di Ambon Berjalan Kondusif

Share:

satumalukuID – Kepala kepolisian daerah (Kapolda) Maluku mengatakan, pelaksanaan malam takbiran dalam menyambut Idul Fitri 1443 H pada Minggu (1/5/2022) berjalan kondusif.

“Tadi malam saya bersama dengan Pangdam dan seluruh pejabat terkait kita memonitor rangkaian kegiatan malam takbiran dan kita melaksanakan kegiatan itu dibantu dengan instansi terkait tentunya sejauh ini kegiatan berjalan aman dan terkendali,” kata Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, di Ambon, Senin (2/5/2022).

Kapolda mengaku terdapat beberapa rangkaian kegiatan masyarakat yang melaksanakan takbir keliling. Tapi itu bisa dilaksanakan dengan baik.

“Dan ada petugas yang juga mendampingi dan melakukan pengawalan dalam kegiatan tersebut,” terangnya.

Dengan berjalannya pelaksanaan malam takbiran secara aman dan kondusif, Kapolda menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah bersama menjaga kamtibmas di Maluku.

“Saya berharap besok dalam kegiatan sholat (Idul Fitri) juga demikian, tetap untuk menjaga protokol kesehatan, dan kita bisa melaksanakan sholat ini dengan khusyu dan kita bisa menunjukkan bahwa Maluku semakin aman dan damai,” harapnya.

Terkait kejadian menonjol seperti kecelakaan lalu lintas, perkelahian dan sebagainya, Kapolda mengaku hingga Selasa sekira pukul 01.30 WIT tidak ada laporan yang masuk.

“Dan kita berharap tidak ada ya, kalau ada pasti kita juga mendapat informasi mudah-mudahan ini menjadi awal yang baik bagi kita, memang itu tujuan kita,” sebutnya.

Ia menambahkan, dua tahun yang lalu, takbir keliling dan sebagainya tidak bisa dilakukan karena penyebaran COVID-19. Sementara tahun ini berbagai kegiatan dapat dilakukan karena sebagian besar masyarakat sudah hampir tervaksin.

“Tapi kita tetap melakukan pengamanan kegiatan masyarakat yang lain, kita melakukan pendekatan, kita melakukan pengalihan arus semata-mata supaya kegiatan itu juga berjalan aman, tertib dan tidak mengganggu aktivitas masyarakat. Mungkin juga ada yang terganggu ya kami meminta untuk bisa dipahami dalam situasional seperti ini,” jelasnya.

Tapi, lanjutnya, pada umumnya kegiatan dapat berjalan aman dan lancar. Laporan dari beberapa Polres juga masih aman, terkendali,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Kapolda Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, bersama dengan Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Richard Tampubolon, melakukan pemantauan keamanan pelaksanaan malam takbiran, menyambut hari raya Idul Fitri 1443 Hijriah, Tahun 2022.

Pemantauan yang dilakukan Kapolda bersama dengan Pangdam dilangsungkan di Pos Kota atau Polsek Sirimau, Kota Ambon, Senin malam.

Dalam pantauan tersebut Kapolda dan Pangdam tidak sendiri. Mereka didampingi Wakapolda Maluku, Brigjen Pol Jan de Fretes, dan Kasdam Pattimura, Brigjen TNI Stepanus Mahury.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut sejumlah pejabat utama dari Polda Maluku dan Kodam XVI/Pattimura.

Share:
Komentar

Berita Terkini