Gubernur Maluku Utara Bangga Kota Sofifi Jadi Tuan Rumah Kongres KNPI

Share:

satumalukuID – Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba bangga Kota Sofifi menjadi tuan rumah Kongres Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) XVI dan berharap dapat membawa kemajuan bagi Ibu Kota Malut tersebut.

“Saya mengapresiasi kepercayaan DPP KNPI memilih Sofifi dan Ternate sebagai tempat pelaksanaan Kongres KNPI,” kata Gubernur usai mengikuti Kongres KNPI dipusatkan di Malut, Senin (16/5/2022).

Sebelumnya, Sofifi juga dipercaya menjadi tuan rumah agenda bertaraf nasional seperti STQN 2021 yang dihadiri lebih dari 3.000 orang dari berbagai berbagai penjuru Indonesia dan hari ini jadi tuan rumah Kongres KNPI.

Menurut dia, sejak tahun 2010 aktivitas pemerintahan Ibu Kota Provinsi Malut dilaksanakan di Sofifi dengan status sebagai sebuah kecamatan di wilayah Kota Tidore Kepulauan, dengan kondisi fasilitas serta infrastruktur sangat terbatas.

Akan tetapi, dengan spirit serta kemauan tinggi seluruh jajaran di Pemprov Malut, upaya mengubah wajah Sofifi menjadi ibu kota provinsi telah terwujud dengan adanya dua event berskala nasional yang dipusatkan di Sofifi.

“Kongres KNPI yang dihadiri lebih dari 1.000 perwakilan pengurus DPD di seluruh wilayah Indonesia bisa menjadi ruang dan komitmen pemerintah untuk mewujudkan Sofifi menjadi kawasan khusus, guna mendukung pembangunan Ibu Kota Malut tersebut,” ujarnya.

Olehnya itu, Gubernur menyampaikan pesan kepada seluruh pengurus DPD KNPI se-Indonesia untuk bersama-sama menjaga keutuhan NKRI dengan mendukung pelaksanaan kongres hingga pemilihan kepengurusan DPP KNPI periode mendatang.

Sebelumnya, Kapolda Irjen Pol. Risyapudin Nursin mengatakan pihaknya menerjunkan 470 personel di Kota Ternate dan Sofifi, Tidore Kepulauan, untuk menjamin pelaksanaan KNPI XVI berjalan aman.

Share:
Komentar

Berita Terkini