DLHP Ambon Usulkan Peremajaan Enam Unit Armada Pengangkut Sampah

Share:

satumalukuID – Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan (DLHP) Kota Ambon mengusulkan adanya peremajaan enam unit armada angkutan sampah, karena kondisinya cukup memprihatinkan.

“Kondisi armada pengangkut sampah kita cukup memprihatinkan, sehingga perlu dilakukan peremajaan. Kita mengusulkan enam unit untuk diremajakan, tetapi semua tergantung keuangan daerah,” kata Kepala DLHP Ambon Edo Hehamahua di Ambon, Selasa (10/5/2022).

Ia mengatakan peremajaan tersebut untuk meningkatkan pelayanan dalam bidang kebersihan, khususnya pengangkutan sampah dari tempat pembuangan sementara (TPS) ke tempat pembuangan akhir (TPA).

Enam unit kendaraan jenis truk pengangkut sampah tersebut, kerap mengalami kerusakan, sehingga tidak optimal dalam operasional penanganan sampah.

Kerusakan angkutan tersebut, tentu tidak optimal untuk mengangkut sampah ke TPA, ditambah wilayah akota Ambon yang berbukit. “Karena itu, perlu peremajaan truk sampah untuk mempercepat kelancaran, juga keselamatan pengemudi,” ujarnya.

Armada sampah yang dimiliki Pemkot Ambon, yakni truk sampah sebanyak 24 unit, amrol tujuh unit dan pikup lima unit.

“Armada sampah ini melayani lima kecamatan di Kota Ambon, ditunjang petugas sampah sebanyak 862 tenaga, termasuk penyapu jalan dan petugas taman,” katanya.

Sebelumnya, Sekretaris Kota Ambon Agus Ririmasse menyatakan sebagai ketua tim anggaran pemerintah daerah akan minta persetujuan dari Wali Kota dan DPRD Kota Ambon untuk pengadaan armada pengangkut sampah tersebut.

“Kita akan fokuskan untuk pengadaan armada pengangkut sampah, sehingga pelayanan publik bisa berjalan dengan baik,” katanya.

Share:
Komentar

Berita Terkini