Pertamina Akui SPBU Ambon Tidak Jual Pertalite di Hari Minggu

Share:

satumalukuID – Sales Branch Manager Pertamina Maluku, Yunus Muharrahman mengakui bahwa Pertamina tidak menjual BBM jenis Pertalite pada hari Minggu di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kota Ambon.

“Pertamax day itu biasa dilakukan. Itu program-program lokal kok. Tetapi kalau ternyata dilihat kebutuhannya tinggi untuk Pertalite, kita akan balik lagi saja. Tidak usah khawatir,” kata Yunus, di Ambon, Rabu (7/4/2022).

Ia mengatakan, Pertalite tidak dijual setiap hari Minggu di SPBU adalah keputusan dari Pertamina sendiri untuk mempromosikan Pertamax di beberapa wilayah, dengan sebutan “Pertamax day” atau “Pertamax hour”.

Ia mengaku, untuk stok, Pertalite selalu ada di setiap SPBU di Ambon.

“Pertalite masih tetap tersedia ya di semua SPBU. Ini lebih kepada pengawasan masing-masing saja. Karena tanggung jawab pengawasan bukan hanya di Pertamina tapi di seluruh pihak,” ucapnya.

Selain itu, terlepas dari itu, lanjutnya, untuk program usaha, atau Pertashop, masih bergerak dengan menjual Pertamax dan dexlite saja, karena merupakan aturan langsung dari pusat.

“Jadi pertashop hanya menjual Pertamax dan dexlite. Bukan rana saya lagi untuk rubah itu. Karena itu aturan langsung dari pusat,” tuturnya.

Sementara itu, DPRD Kota Ambon mendorong Pertamina Maluku untuk mengadakan Pertalite day atau hari Pertalite di seluruh SPBU di Kota Ambon.

Hal ini berkaitan dengan keluhan ratusan Supir angkot jalur Passo, yakni Pertalite, yang dianggap langka di Kota Ambon, karena setiap hari Minggu Pertalite tidak dijual di SPBU.

“Kami dukung itu untuk ada Pertalite day karena banyak imigrasi dari Pertamax dan Pertalite itu. Selain harus ada ide dari Pertamina buat Pertamax day, bisa tidak untuk Pertalite day, dan atau penambahan kuota untuk Pertalite itu ditambah,” kata Ketua Komisi II DPRD Kota Ambon, Jafri Taihuttu, usai rapat bersama pihak Pertamina di ruang paripurna DPRD Ambon, Selasa.

Ia mengatakan, kebijakan Pertamax day diprotes Supir angkot karena Minggu, supir angkot tetap melakukan pencarian penumpang.

“Karena Minggu juga mereka narik. Makanya mereka minta jangan minggu itu hanya untuk Pertamax day, lalu ada yang usul kenapa tidak Pertalite day,” pungkas Jafri.

Share:
Komentar

Berita Terkini