Mahasiswa Unpatti Ambon Dibekali Pengetahuan Program Mutiara Pattimura

Share:

satumalukuID – Puluhan mahasiswa Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon yang akan mengikuti praktek kerja lapangan dibekali pengetahuan tentang program “Mutiara Pattimura” yang digagas Kodam XVI/Pattimura untuk mewujudkan ketahanan pangan di Provinsi Maluku.

“Tujuan Program Mutiara Pattimura untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan pencapaian hak atas pangan serta peningkatan kualitas SDM,” kata Asisten teritotial (Aster) Kodam XVI/Pattimura Kolonel (Inf) Crisbianto Arimurti, di Ambon, Sabtu (9/4/2022).

Ia menjelaskan pembekalan telah berlangsung sejak Jumat (8/4).

Program Mutiara Pattimura, kata dia,  juga untuk mendukung ketahanan pangan nasional dan lokal, peningkatan kesejahteraan petani, kemanunggalan TNI dengan rakyat serta pemulihan perekonomian, agar tersedia logistik wilayah sesuai dengan kearifan lokal untuk kepentingan pertahanan negara.

Pembekalan itu juga merupakan bagian dari tindak lanjut kerja sama yang ditandatangani oleh Pangdam Pattimura Mayjen TNI Richard Tampubolon dan Rektor Unpatti Martinus Sapteno, di Ambon, awal Maret 2022.

Para mahasiswa yang menerima pembekalan akan diterjunkan untuk praktek kerja lapangan di Kota Masohi, Kabupaten Maluku Tengah, serta di lahan perkebunan produktif di desa Rumah Tiga Kota Ambon yang digarap bersama oleh Kodam dan Unpatti.

“Lahan perkebunan di desa Rumah Tiga yang digarap bersama itu dijadikan percontohan untuk pengembangan lebih lanjut dalam skala besar, sekaligus menjadi lokasi praktek mahasiswa Unpatti,” katanya.

Saat ini pada lahan yang diolah bersama itu telah ditanam tomat, pare, cabai, kangkung, sawi, bayam, kacang panjang, jagung, daun bawang dan pala.
“Seluruh proses mulai dari pembersihan dan menggarap tanah hingga pembibitan dan penanaman dilakukan oleh mahasiswa Unpatti bersama personel TNI,” kata Crisbianto Arimurti .

Sedangkan Rektor Unpatti Martinus J. Sapteno, yang mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Kodam Pattimura karena atas kerja sama yang dilakukan berdampak besar untuk menyiapkan sumber daya manusia handal dan berkualitas di masa mendatang.

“Atas nama seluruh civitas akademika Unpatti saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Pangdam Richard Tampubolon yang telah telah mencanangkan program Mutiara Pattimura. Program ini sangat bermanfaat bagi masyarakat dari segi peningkatan ketahanan pangan, maupun bagi mahasiswa terutama menjadi sarana untuk belajar, mengaplikasikan ilmu-ilmu yang selama ini diperoleh dari perkuliahan,” katanya.

Share:
Komentar

Berita Terkini