Kapolda Maluku Imbau Masyarakat Tidak Takbiran Keliling Jelang Lebaran

Share:

satumalukuID – Kepala Kepolisian daerah (Kapolda) Maluku mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak melakukan takbiran keliling dengan menggunakan kendaraan bermotor. Sebab, hal itu akan dapat membahayakan keselamatan bila terjadi kecelakaan lalu lintas.

“Apalagi melakukan takbiran keliling menggunakan truk-truk atau kendaraan bak terbuka, ini yang sangat rawan kecelakaan lalu lintas,” kata Kapolda Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, di Ambon, Kamis (28/4/2022).

Hal ini disampaikan Kapolda dalam pertemuan bersama Ketua Sinode GPM, Elifas Maspaitela dan Ketua MUI Maluku, Abdullah Latuapo.

Ia mengatakan, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, Kapolda juga mengimbau warga agar dapat melaksanakan malam takbiran di masjid masing-masing.

“Untuk kegiatan malam Takbiran sebaiknya dilaksanakan di masjid-masjid. Ini yang lebih aman,” ajak Kapolda.

Takbiran di masjid, lanjutnya, tidak mengurangi makna dalam menyambut Idul Fitri. Bahkan hal itu dapat menjadi contoh yang baik sebagai umat Muslim dalam menyambut hari kemenangan dengan takbiran di masjid.

“Takbiran menyambut Idul Fitri di masjid akan lebih khusyu dan damai dari pada berkonvoi di jalan yang justru akan berbahaya bagi keselamatan, dan juga bisa mengurangi nilai-nilai indahnya Idul Fitri,” katanya.

Kapolda kembali menghimbau masyarakat agar dapat bersama-bersama menjaga kamtibmas yang kondusif. Dan bagi warga yang akan melaksanakan perjalanan mudik agar memperhatikan keamanan, keselamatan dan kesehatan.

“Jangan karena terlalu berlebihan, malah terjadi kecelakaan atau masalah yang kemudian tidak bisa berlebaran bersama keluarga di hari yang Fitri (Suci) nantinya. Dan kepada pemudik, semoga perjalanan mudik basudara semua berjalan aman, dan sehat,” ucapnya.

Pertemuan dengan MUI dan GPM yang dilaksanakan di ruang kerja Kapolda ini bertujuan mewujudkan situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) dalam menyambut lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah/2022.

“Kami berharap lebaran tahun ini dapat berlangsung dengan penuh kedamaian. Dan saya, ketua GPM dan ketua MUI Maluku menyampaikan selamat selamat merayakan Idul Fitri tahun 2022,” pungkasnya.

Share:
Komentar

Berita Terkini