Idul Fitri Semakin Dekat, Basarnas Ambon Siagakan 118 Personel di Berbagai Pos SAR Maluku

Share:

satumalukuID – Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ambon menggelar apel siaga SAR menjelang Idul Fitri 1443 Hijriah dengan menyiapkan 118 personel yang tersebar di berbagai pos SAR di Provinsi Maluku.

“118 personel ini disiagakan selama 14 hari, terhitung mulai tanggal 25 April hingga 8 Mei 2022,” kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ambon Mustari di Ambon, Senin (25/4/2022).

Para personel ini tersebar di Kantor Barasnas Ambon maupun pos SAR, yakni Pos Sar Namlea, Banda, Tual, Saumlaki, dan unit siaga SAR Dobo.

Dia menjelaskan personel di Kota Ambon disiagakan pada beberapa lokasi, yakni Bandara Pattimura Ambon, Pelabuhan Yosudarso, Pelabuhan Fery Galala, Pelabuhan Liang, serta beberapa tempat wisata.

“Hal yang sama juga dilakukan pada masing-masing pos SAR yang ada,” ucap Mustari.

Basarnas Ambon juga telah menyiagakan 18 alat utama, yakni Sea Raider satu unit, kapal kelas II dua unit, RIB lima unit, dan Ruberboat 15 unit.

“Hal ini sebagai upaya memaksimalkan kesiapsiagaan Basarnas Ambon dalam mengantisipasi bilamana terjadi musibah selama siaga SAR berlangsung,” tegasnya.

Selama pelaksanaan siaga SAR, diharapkan para personel tetap menerapkan protokol kesehatan serta membangun koordinasi dan sinergi yang baik dengan unsur potensi di lapangan.

“Gelaran siaga SAR ini juga dilakukan secara serempak pada unit pelaksana Kantor SAR seluruh Indonesia,” jelas Mustari.

Share:
Komentar

Berita Terkini