BMKG Prakirakan Maluku Berpotensi Dilanda Hujan saat Idul Fitri 1443 Hijriah

Share:

satumalukuID – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas II Pattimura Ambon, Maluku, memprakirakan secara umum cuaca di wilayah Maluku berawan hingga hujan sedang pada periode 29 April – 4 Mei 2022.

“Masyarakat diimbau mewaspadai hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat, petir dan angin kencang sesaat,” kata Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Pattimura Ambon, Kamari di Ambon, Kamis (28/4/2022).

Cuaca buruk berpotensi terjadi di Kota Ambon, Kabupaten Maluku Tengah, Seram Bagian Timur, Buru, Buru Selatan, Seram Bagian Barat, dan Maluku Tenggara.

Ia mengatakan hasil analisis cuaca, ada daerah tekanan rendah terpantau di perairan utara Sulawesi Utara mengakibatkan terbentuk daerah pumpunan angin serta belokan angin di wilayah Maluku.

Anomali suhu permukaan laut wilayah Maluku satu minggu terakhir masih menghangat (mencapai 1.5 °C) memicu adanya potensi penguapan (penambahan massa uap air) dalam proses pertumbuhan awan-awan hujan di wilayah Maluku.

Selain itu kelembaban udara lapisan 850 – 700 mb yang cenderung basah (70 – 100%) di wilayah Pulau Buru, Pulau Ambon, Seram, hingga Kepulauan Kei.

Masyarakat diimbau tetap waspada potensi cuaca buruk terutama saat melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman.

Cuaca buruk berdampak pada penurunan jarak pandang secara tiba-tiba serta dampak bencana hidrometeorologi yang dapat terjadi seperti banjir, tanah longsor dan pohon tumbang.

Share:
Komentar

Berita Terkini