BI Maluku Siapkan Uang Tunai Rp834 Miliar untuk Ramadhan-Lebaran

Share:

satumalukuID – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Maluku menyiapkan uang kartal atau tunai sebesar Rp834 miliar untuk kebutuhan selama Ramadhan hingga Idul Fitri 1443 Hijriah.

“Jumlah uang sebesar itu kalau dibandingkan dengan kebutuhan tahun lalu terjadi kenaikan sebesar 27 persen, karena tahun lalu uang yang disiapkan sebesar Rp656 miliar,” kata Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Maluku Bakti Artanta di Ambon, Maluku, Rabu (6/4/2022).

Dari uang tunai yang disiapkan itu juga akan dilakukan kegiatan-kegiatan termasuk untuk kas keliling dan juga kas titipan yang ada di Namlea, Tual, Saumlaki, dan Fak-fak.

Menurut Bakti, dari uang tunai Rp834 miliar tersebut, sebanyak Rp40 miliar disiapkan dalam pecahan uang kecil yakni Rp20.000 ke bawah. Kemudian. sisanya untuk pecahan besar mulai dari Rp50.000 hingga Rp100.000, termasuk untuk uang di anjungan tunai mandiri (ATM).

“Hal ini perlu mendapat perhatian serius, sebab jangan kita bicara penukaran uang, tetapi di ATM kosong,” ujarnya.

Artanta mengatakan, untuk kegiatan penukaran uang BI melibatkan 18 bank yang ada di Kota Ambon, sehingga perbankan juga bisa beri layanan penukaran uang kepada masyarakat. Sedangkan di daerah lain di Maluku akan dioptimalkan melalui kas titipan.

Untuk kegiatan kas keliling di Kota Ambon akan dilakukan sebanyak tujuh kali selama Ramadhan, yang dimulai pada 6 April 2022 di kawasan terminal angkutan umum Mardika mulai pukul 10.00 hingga 12.00 WIT.

Selanjutnya, pada 12 April akan dilakukan di Ambon Plaza (Amplaz), 14 April 2022 di Maluku City mall (MCM), Tantui, kemudian 19 April di bundaran Dr.J.Leimena, Desa Poka, pada 21 April di kawasan Gong Perdamaian Dunia, 26 April di Ambon City Center (ACC) di Desa Passo, dan28 April di lapangan Merdeka Ambon, kegiatan kas keliling penukaran uang ini akan berlangsung mulai dari pukul,10.00 hingga pukul,12.00 WIT.

“Kami juga meminta pihak dinas terkait, masyarakat yang membutuhkan layanan penukaran uang untuk melakukan penukaran secara teratur, hal ini dimaksudkan untuk mengurangi antrean dan mematuhi protokol kesehatan,” ujarnya.

Dia menambahkan penukaran uang dapat dilakukan setelah mendaftar pada aplikasi https//www.pintar.bi.go.id, minimal sehari sebelumnya.

Share:
Komentar

Berita Terkini