Rahawarin Jadi Pati Mabes TNI, Tiga Putra Maluku Reposisi Jabatan

Share:

satumalukuID – Mutasi besar-besaran kembali dilakukan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Ia resmi menandatangani Surat Keputusan Jabatan 328 Perwira Tinggi TNI, melalui Keputusan nomor 66/I/2022 tanggal 21 Januari 2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI.

Dalam SK tersebut, jabatan Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) yang beberapa bulan lowong resmi diserahkan pada Mayor Jenderal TNI Maruli Simanjuntak (sebelumnya Pangdam Udayana)

Selain itu, perwira tinggi yang dipromosi bintang 3 dengan jabatan baru adalah Pangkogabwilhan III yang dijabat oleh Mayjen TNI Nyoman Cantiasa (sebelumnya Pangdam Kasuari).

Cantiasa menggantikan Letjen TNI Jeffry A. Rahawarin yang dimutasi ke Mabes TNI dalam rangka pensiun. Rahawarin sebelumnya juga pernah jabat Pangdam Pattimura.

Kemudian, Danjen Akademi TNI yang dijabat oleh Letjen Bakti Agus Fajari, Wakil Kepala Staf TNI AD (Wakasad) yang dijabat oleh Mayjen Agus Subiyanto (sebelumnya Pangdam Siliwangi), Dankodiklatad yang dijabat oleh Mayjen Ignatius Yogo (Pangdam Cendrawasih).

Selain itu, ada juga Pangkoarmada yang dijabat oleh Laksdya Agung Prasetiawan, Dan Pushidrosal dijabat oleh Laksdya Nurhidayat, Dan Kodiklatal dijabat oleh Mayjen Mar Hartono, Pangkoopsudnas dijabat oleh Marsdya Andyawan Martono, dan Kodiklatau yang dijabat oleh Marsda Nanang Santoso.

Sebanyak 328 perwira tinggi TNI yang mendapatkan jabatan baru, 28 diantaranya masuk kedalam jabatan satuan-satuan baru TNI. Hal ini sesuai amanat dalam Perpres No. 66 tahun 2019 tentang Susunan Organisasi TNI.

“Seperti Komando Armada TNI AL, Komando Operasi Udara Nasional TNI AU, Pusat Psikologi TNI, Pusat Pengadaan TNI dan Pusat Reformasi Birokrasi TNI,” ujar Kepala Pusat Penerangan TNI Mayor Jenderal TNI Prantara Santosa dalam keterangan tertulis, Sabtu, (22/1/2022).

Dalam mutasi tersebut, juga terdapat nama Mayjen TNI Gabriel Lema. Ia ditunjuk sebagai Pangdam Kasuari gantikan Nyoman Cantiasa. Gabriel sebelumnya adalah Inspektur Kodiklatad dan juga mantan Kasdam Pattimura.

Dari SK tersebut, juga ada nama Inspektur Kodam (Irdam) Pattimura Brigjen TNi Dwi Darmadi yang dipromosi sebagai Panglima Divisi Infanteri (Pangdif) 3 Kostrad. Posisi Darmadi diganti Brigjen TNI Muhamad Muchidin (Damentar Akmil).

TIGA PUTRA MALUKU

Sementara itu, selain nama-nama tersebut, dari 328 perwira menengah dan tinggi itu, terdapat tiga putra asal Maluku yang juga direposisi jabatannya.

Ketiganya adalah Brigjen TNI Dominggus Pakel, Brigjen TNI Ferdinans Mahulette dan Kolonel Inf Deki Santoso Pattinaya.

Brigjen Pakel dari jabatan Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi Komunikasi BSSN dipindahkan sebagai Deputi Bidang Operasi Keamanan Siber dan Sandi BSSN.

Selanjutnya, Brigjen Mahulette dari jabatan Kepala Pusat Operasi Keamanan Siber Nasional BSSN dipindahkan sebagai Direktur Operasi Keamanan Siber pada Deputi Bidang Operasi Keamanan Siber dan Sandi BSSN.

Sedangkan, Kolonel Inf Pattinaya sebelumnya menjabat sebagai Wakababek TNI diangkat atau dipromosi sebagai Kapusada TNI (lembaga baru). (NP)

Share:
Komentar

Berita Terkini