Artis Senior Kelahiran Kota Ambon Nindy Ellesse "Pattikawa" Meninggal Dunia

Share:

satumalukuID – Penyanyi senior Kelahiran Ambon Nindy Ellesse Pattikawa atau yang beken dengan nama Nindy Ellesse meninggalkan dunia karena sakit dalam usia 54 tahun, Minggu (2/1/2022).

Kabar kematian Nindy Ellesse Pattikawa, disampaikan Seniman Nusantara dalam akun instagram mereka, Senin dinihari, 3 Januari 2022.

“Jakarta, 2 Januari 2022. ‘Tuhan  selalu hadir… – Nindy Ellesse. Yang kami kasihi, terima kasih sudah menjadi berkat untuk Seniman Nusantara, untuk Indonesia. Cahayamu akan selalu bersinar. Selamanya…,” tulis akun tersebut.

Nindy Ellesse Pattikawa lahir di Kota Ambon 16 April 1967. Dia dikenal sebagai seorang penyanyi era 1980-an yang cukup produktif pada masanya. 

Pertama kali terjun ke blantika musik Indonesia sejak 1986, Nindy Ellesse telah merilis sejumlah album musik di antaranya saja Naluri Seorang Wanita (1986), Omong Kosong (1987), dan Ku Ingin Berteduh Di Matamu (1988). 

Di tengah popularitasnya, penyanyi kelahiran Ambon ini juga membintangi sejumlah judul film. Pada 1988, dia sempat berperan sebagai Devina di Terang Bulan di Tengah Hari, dan Inge di film Catatan Si Doi.

Film Nindy lainnya yakni Lintar, Ketika Musim Duren Tiba, di mana dia berperan sebagai Atik Wibisono dan terlibat dalam pembuatan soundtrack-nya. 

Nindy Ellesse juga sempat tergabung dalam sebuah grup musik Trio Glamendy yang terdiri dari Nindy, Gladys Suwandhi, dan Mega Selvia. Dia bersama trio-nya tersebut merilis beberapa album musik seperti Just Boy Friend (1991) dan Cukur Dulu Kumismu (1993). 

Setelah kesuksesannya itu, Nindy Ellesse menikah dengan seorang pria bernama Willem F Laoh. Pernikahan penyanyi bernama asli Nindyani Karyawati Pattikawa ini dikaruniai satu orang anak yakni Jeremy Timothy F Laoh. 

Pada era 2000-an, Nindy sempat merilis album-album musik rohani. Salah satunya yakni album ‘Yesus Ku Cinta Kau’ yang rilis pada 2000.  

Dia juga terjun ke dunia politik  dan sempat mencalonkan diri sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat dengan mewakili Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P). 

Meski eksis di panggung politik, tidak membuat Nindy melepaskan dunia musiknya. Sampai saat ini, perempuan kelahiran 16 April 1967 masih aktif bermusik. Nindy yang kini berusia 54 tahun ini juga tergabung dalam sebuah kelompok penyanyi Indonesia Seniman Nusantara.

Beberapa penyanyi yang tergabung dalam kelompok ini yakni Harvey Malaihollo, Iis Sugianto, Ronny Sianturi, Andre Hehanussa, dan masih banyak lagi. 

Bela Sungkawa

Di saat bersamaan, penyanyi lawas dan anggota Elfa’s Singers, Lita Zen yang juga sahabat dekat almarhumah mengabarkan berita duka itu. “Pergi tapi tidak pernah terlupakan. Istirahat dalam dalam, teman tersayang @nindy_ellesse. Kamu akan selalu bersamaku selamanya.” Ia mengunggah foto wajah Nindy Ellesse yang dulu amat dikenal di era 1990-an awal seperti dirilis Tempo.co.

Unggahan serupa dilakukan oleh Oline Mendeng, aktris dan penyanyi. Ia mengunggah foto saat mereka melakukan pelayanan di gereja bersama Ruth Sahanaya dan Lita Zen. “Istirahat dalam cinta Ka @nindy_laoh. Orang yang selalu rendah hati pada saat melayani bareng di Jpcc di tahun 2000 awal sebagai singer bersama. Kamu akan selalu dirindukan,” tulisnya.

Pada 13 November 2021, Nindy Ellesse mengunggah video dirinya yang mengabarkan tengah melakukan pengobatan di sebuah rumah sakit. Terlihat di video itu, ia agak terengah-engah berbicara menjelaskan kondisi badannya dengan selang oksigen yang menempel.

“Halo, sekarang sudah mau jam 8 malam ya. Barusan aja dikerjain belakangnya, keluarin cairan. Jadi di paru-paru aku tuh, penuh cairan. Jadi baru diambil cairan dari belakang. Mudah-mudahan enggak ada efek sampingnya supaya besok bisa pulang,” kata dia.

Unggahan itu mendapatkan dukungan dari para sahabat seperti aktris Widyawati. 

“Tetap semangat, doa kami semua u’mu sayang,” tulis aktris senior itu. 

“SEMANGATTT KA NINNN. Berdoa untukmu. Sembuh sempurna dalam nama YESUS!!!” tulis penyanyi gereja, Winny Jessica. “Sembuh sepenuhnya dalam penyembuhan Tuhan Kak Nindyyyy… teriring doa untukmu,”” tulis Tracy Trinita, mantan model yang kini melakukan pelayanan gereja.

Di unggahan terakhir di beranda akun Instagramnya, 30 November 2021, Nindy Ellesse mengunggah foto mendapatkan kiriman makanan dari sahabatnya. Unggahan ini dihujani doa kesembuhan saat itu dn kini doa selamat jalan begitu kabar duka itu tersiar. Terlihat Widyawati kembali meninggalkan komentar di unggahan itu. “Nindy dear, how are u today? big hugs,” tulisnya saat itu. “Rest in love ibu guruku tercinta….,” tulis Philips Kwok.

Share:
Komentar

Berita Terkini