SAR Ambon Apel Siaga Khusus Libur Panjang Natal dan Tahun Baru

Share:

satumalukuID – Kantor Pertolongan dan Pencarian Badan SAR Nasional Ambon, menggelar apel siaga khusus Natal dan Tahun Baru yang berlangsung selama 19 hari ke depan.

Seperti pada tahun tahun sebelumnya, siaga SAR khusus 2021 bertujuan mendukung pengendalian dan pengaturan jasa transportasi khususnya di wilayah Maluku dan sekitarnya menjelang libur panjang dan hari besar umat Kristen,” kata Kepala kantor Pertolongan dan Pencarian Badan SAR Nasional Ambon, Mustari di Ambon, Jumat (17/12/2021).

Tidak hanya sebatas kesiapan sumber daya manusia, tetapi Basarnas Ambon juga menyiagakan alat utama berupa KN SAR Abimanyu, KN SAR Bharata, Rigit Inflatable, rescue car, rescue truk, dan peralatan Emergency Kit (Medis).

Sebanyak 98 personel baik yang ada di Unit Siaga SAR Dobo, Pos SAR Saumlaki, Pos SAR Tual, Pos SAR Banda, dan Pos SAR Namlea disiagakan dengan pergerakan-pergerakan ke tempat-tempat yang rawan terjadinya musibah seperti objek  wisata, pelabuhan maupun bandara.

Siaga SAR khusus Natal dan Tahun Baru kali ini dimulai dari 7 Desember 2021 hingga 4 Januari 2022.

“Basarnas melaksanakan siaga SAR khusus 2021 dengan tujuan terwujudnya pelayanan SAR yang cepat, tepat, aman dan handal (Quick Response SAR),” kata Mustari.

Siaga SAR khusus ini masih tetap fokus pada penanganan kecelakaan sesuai dengan apa yang menjadi Tupoksi dari Basarnas.

“Namun kita juga jangan lengah sebab Tupoksi Basarnas tidak hanya pada Siaga SAR Khusus Natal dan Tahun Baru saja,  tetapi juga masih banyak potensi terjadi kecelakaan dan bencana yang memerlukan perhatian kita,” tandasnya.

Dia juga menambahkan, pelaksanaan siaga SAR khusus 2021 ada yang istimewa, karena bersamaan dengan hari jadi ke-9 BASARNAS SPECIAL GROUP (BSG).

Basarnas Ambon memiliki putra-putra terbaik yang pernah bertugas di BSG walau pun ada beberapa yang sudah dikembalikan ke daerah.

Usai gelar apel, Mustari juga melepaskan konvoi kendaraan dan personil yang terlibat dalam siaga SAR khusus Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Share:
Komentar

Berita Terkini