Mahasiswa STIkes Husada Maluku Latihan Evakuasi Medis Laut di Lantamal IX Ambon

Share:

satumalukuID – Sebanyak 150 Mahasiswa dan mahasiswi STIkes Maluku Husada Prodi Keperawatan menjalani latihan evakuasi medis laut (EML) di area Dermaga Beaching Mako Lantamal IX Ambon, Rabu (22/12/2021). Mereka dilatih 17 Instruktur tim EML Lantamal IX Ambon.

Beberapa materi dalam pelatihan EML adalah pertolongan korban tenggelam secara perorangan, tim, pengelolaan korban di perahu karet, bertahan hidup di laut dengan teknik uitemate serta resusitasi jantung paru.

Asintel Danlantamal IX Ambon Kolonel Laut (KH) Drs Fahyudin menjelaskan kegiatan EML perlu dilakukan mengingat Provinsi Maluku sebagai provinsi kepulauan dan tidak terlepas dari aktifitas di laut.

Lantamal IX Ambon sebagai salah satu institusi yang berperan lebih banyak di laut mempunyai kepedulian dalam hal pencegahan dan penyelamatan korban musibah di laut.

“Wujud kepedulian tersebut adalah memberikan bentuk praktek langsung yang memang sangat penting bagi mahasiswa STIkes Maluku Husada Prodi S1 Keperawatan sebelum terjun di medan pengabdian di pulau-pulau terpencil,” ujarnya.

Menurutnya, kegiatan tersebut juga merupakan bagian dari operasi militer selain perang (OMSP). Diharapkan kegiatan ini bisa dipertahankan guna meningkatkan profesionalitas.

“Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Lantamal IX Ambon, STIkes Maluku Husada dan Rumkital dr. F.X. Suhardjo serta dukungan Satuan Kapal Patroli (Satrol) Lantamal IX dan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yomarhanlan) IX yang menurunkan 3 Perahu Karet,” jelasnya.

 

Share:
Komentar

Berita Terkini