Kementerian Perdagangan Dukung Percepatan Revitalisasi Pasar Mardika

Share:

satumalukuID – Kementerian Perdagangan (Kemendag) mendukung percepatan revitalisasi Pasar Mardika kota Ambon menjadi pasar tradisional modern.

“Pembangunan pasar merupakan kewenangan Kementerian PUPR RI, tetapi kami sangat mendukung program revitalisasi Pasar Mardika,” kata Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga, saat meninjau pasar Mardika Ambon, Kamis.

Ia mengatakan, pasar merupakan salah satu pilar sentra untuk pedagang, dan sentra pertumbuhan ekonomi sehingga perlu mendapatkan perhatian.

Pasar adalah salah satu lokasi yang akan dibangun oleh PUPR, tapi kalau revitalisasi, pembenahan dan renovasi akan dilakukan oleh Kementerian Perdagangan.

“Kami siap membantu dan melaksanakan program revitalisasi, karena pasar ini adalah tempat aktifitas pedagang,” ujarnya.

Pihaknya berharap revitalisasi Pasar Mardika secepatnya bisa dilaksanakan, agar masyarakat Kota Ambon bisa menikmati pasar tradisional moderen.

Revitalisasi pasar merupakan tanggung jawab Kementerian PUPR, lelang fisik dilaksanakan Direktorat Jenderal Cipta Karya.

Anggaran revitalisasi pasar Mardika bersumber dari Kemendag dan Kementerian PUPR, yang akan direvitalisasi menjadi pasar modern, tetapi tetap mempertahankan ciri khas tradisional.

Pembangunan kembali Pasar Mardika akan mencakup empat lantai dengan luas lahan 7.929 m2. Luas masing-masing lantai yakni lantai satu 5.004 m2, lantai dua 4.682 m2, lantai tiga 4.475 m2 dan lantai empat 4.319 m2, sehingga total luas mencapai 18.482,4 m2.

Sesuai desain pasar tradisional modern ini akan menampung pedagang sayur, ikan, daging, buah-buahan serta pedagang yang menjual pakaian dan kebutuhan pokok lainnya sebanyak 1.991 unit los dan kios.

Share:
Komentar

Berita Terkini