IAKN Ambon Gelar Festival Korea; Pamerkan Kesenian, Kebudayaan dan Kuliner Kimchi

Share:

satumalukuID – Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Ambon menggelar Festival Korea Selatan, di auditorium IAKN Ambon, Selasa (14/12/2021).

Acara yang digagas Unit Pelaksama Teknis (UPT) Bahasa IAKN Ambon ini menampilkan beragam pagelaran berupa drama lakon berbahasa Korea Selatan, nyanyian lagu tradisional dan modern, masakan kimchi , tarian tradisional dan tarian khas budaya populer Korea, yakni Kpop.

Khusus tentang Kimchi, selama ini dikenal sebagai fermentasi sayuran khas Korea yang sudah ada sejak sekitar 4.000 tahun lalu. Ciri khas kimchi adalah warnanya yang merah karena penggunaan bubuk cabai. Sampai sekarang, kimchi menjadi sajian yang wajib ada di meja makan orang Korea.

Rektor IAKN Ambon Agustina Ch Kakiay mengatakan kampus yang dipimpinnya menargetkan ada mahasiswa yang bisa melanjutkan studi di Korea Selatan, sehingga program Korea Club bisa membantu mereka untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan berbahasa maupun pemahaman tentang budaya Korea Selatan.

IAKN Ambon, menurut dia, telah menjalin kerja sama dengan tiga perguruan tinggi di Korea Selatan, salah satunya adalah Universitas Seoul Jangsin di Kota Gwangju. Kerja sama tersebut harus ditindaklanjuti kembali untuk perpanjangan, tetapi tertunda karena pandemi COVID-19.

“Harapan saya bisa lebih banyak lagi membantu, sehingga penguasan bahasa Korea dan pemahaman budaya Korea menjadi lebih baik sehingga memungkinkan mahasiswa kita untuk studi lanjut di sana. Kita terhambat karena pandemi COVID -19,” kata  Agustina.

Sedangkan,Kepala UPT Bahasa IAKN Ambon Ilona F Salhuteru mengatakan untuk menguasai bahasa Korea dengan baik, harus melalui proses belajar mengajar dengan menekankan aspek latihan, sehingga peserta didik dapat terlibat secara aktif dalam menyampaikan pendapat atau gagasan secara bebas sesuai dengan kondisi nyata.

“Unit Bahasa melaksanakan program Korean Club bagi mahasiswa untuk menyiapkan tenaga akademisi yang mampu menguasai bahasa dan budaya Korea, selain untuk menyiapkan mereka melanjutkan studi lanjutan di Korea Selatan,” ujar Ilona.

Share:
Komentar

Berita Terkini