Pemerintah Kota Ambon Gencarkan Percepatan Vaksinasi Antisipasi Lonjakan Kasus COVID-19

Share:

satumalukuID – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, Maluku menggencarkan vaksinasi guna mengantisipasi lonjakan kasus COVID-19 pada masa libur Natal dan Tahun Baru 2022.

“Upaya yang dilakukan mewaspadai peningkatan kasus COVID-19 dengan menggencarkan vaksinasi khususnya bagi lansia,” kata Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy di Ambon, Kamis.

Pihaknya menargetkan tingkat vaksinasi lanjut usia (lansia) yang merupakan kelompok rentan hingga Desember 2021 mencapai 60 persen.

“Kita targetkan hingga Desember 2021 lansia yang divaksin mencapai 60 persen, sebagai syarat Ambon masuk ke level 1 PPKM,” katanya.

Rencana vaksinasi dari rumah ke rumah dilakukan untuk mengejar target capaian vaksinasi 100 persen.

Saat ini, katanya, capaian vaksinasi warga Kota Ambon 80,88 persen untuk tahap pertama, sedangkan untuk lansia mencapai 56 persen.

“Vaksinasi ‘door to door’ (dari rumah ke rumah) merupakan terobosan untuk meningkatkan capaian vaksinasi yang sempat terhenti dalam dua bulan terakhir,” katanya.

Dalam menghadapi Hari Natal dan Tahun Baru, pihaknya akan melakukan rapat koordinasi guna antisipasi dan strategi pengawasan aktivitas warga di tengah pandemi.

Langkah yang harus dilakukan, yakni meningkatkan pelacakan, penelusuran, pemeriksaan, dan perawatan kesehatan.

Pihaknya memberikan kelonggaran aktivitas warga menyongsong Natal dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Jika kondisi Kota Ambon sudah membaik paling tidak kita akan sesuaikan, misalnya ‘open house’ dan Tradisi Santa Claus akan dipertimbangkan,” ujarnya.

Share:
Komentar

Berita Terkini