Lantamal Ambon Bersama Lanud Pattimura Vaksin Warga Negeri Laha

Share:

satumalukuID – Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) IX /Ambon bekerja sama dengan Lanud Pattimura menggelar vaksinasi kepada ratusan warga Dusun Air Manis dan Negeri Laha, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon, Sabtu.

Komandan Lantamal IX Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, mengatakan, vaksinasi terhadap warga dua desa itu yang dilaksanakan di ruang VVIP bandara Pattimura Ambon itu, dalam rangka peringatan HUT ke-76 TNI yang jatuh pada 5 Oktober 2021.

“Makanya kami bekerja sama dengan Lanud Pattimura karena negeri Laha dan dusun Air Manis masuk wilayah kerja Lanud,” katanya.

Pihaknya menargetkan sebanyak 500 orang dapat divaksin dalam kegiatan tersebut, dan diprioritaskan untuk remaja dan lansia.

“Kami berharap yang divaksin lebih banyak remaja usia 12-18 tahun serta lansia, mengingat cakupan vaksinasi kelompok rentan ini masih tergolong sedikit,” katanya.

Sebanyak 14 vaksinator tugaskan melakukan vaksinasi. Enam vaksinator dari Dinas Kesehatan Lantamal IX, serta delapan lainnya dari Lanud Pattimura.

“Khusus anak usia 12-17 tahun disuntik dengan vaksin Sinovak sedangkan 18 tahun keatas dengan Astra Zeneca,” katanya.

Program serbuan vaksinasi yang terus dilakukan Lantamal Ambon selain menindaklanjuti instruksi Kasal Laksamana TNI Yudo Margono mewujudkan dua juta dosis sehari yang ditargetkan pemerintah pusat.

Selain itu, membantu pemerintah Kota Ambon dan Pemprov Maluku memutus mata rantai penyebaran COVID-19 dengan mewujudkan kekebalan komunitas.

“Vaksinasi lebih banyak menyasar kelompok remaja 12-18 tahun sehingga proram pembelajaran tatap muka (PTM) di Ambon dapat segera dilaksanakan,” katanya.

Dia berharap program serbuan vaksinasi yang terus digencarkan berdampak mengurangi penularan COVID-19 secara menyeluruh, dan terwujud pemulihan kesehatan masyarakat Maluku dalam membentuk kekebalan kelompok.

Dia juga berharap warga yang telah divaksin tetap melaksanakan protokol kesehatan secara ketat, terutama saat beraktivitas di luar rumah, sehingga terhindari dari penularan COVID-19.

Sehari sebelumnya Lantamal IX Ambon juga menggelar vaksinasi kepada 100 warga yang bermukim disekitar markas komando Lantamal, di Desa Halong.

Share:
Komentar

Berita Terkini