IAGI Maluku Bikin Seri Webinar Libatkan Pakar dari Inggris, Finlandia, Australia dan Indonesia

Share:

satumalukuID –Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Maluku dalam rangka merayakan ulang tahun pertamanya, akan mengadakan Seri Webinar Internasional dengan tema “Maluku untuk Indonesia: Berbagi Pengetahuan dengan Geoscientist Maluku”.

Hal ini disampaikan Dr Jeff Malaiholo, yang merupakanå salah satu nara sumber webinar tersebut melalui jaringan whatsapp dari London Inggris kepada media ini, Jumat (24/9/2021).

Dijelaskan, seri webinar ini bertujuan untuk mempertemukan para ahli geologi/geoscientist dari Maluku untuk berbagi dan memberikan pemahaman yang lebih luas dan lebih baik tentang geosains dan aplikasinya yang luas.

Topik kegiatan ini bervariasi dan terkait dengan tektonik, geologi ekonomi dan sumber daya mineral, geologi kelautan dan geologi teknik dengan penekanan pada penerapan di wilayah tersebut.

Ada tiga sesi webinar. Yang dijadwalkan untuk Session 1 pada Minggu 26 September 2021, kemudian Session 2 pada 3 Oktober 2021 dan Session 3 tanggal 10 Oktober 2021  yang ditayangkan pada pukul 13.00 – 15.00 WIB.

Untuk itu, IIAGI Maluku yang diketuai Herfien Samalehu ST M.Eng akan menghadirkan para ahli di bidangnya yang mewakili pemerintah, akademisi dan geoscientist profesional sebagai pembicara dan moderator pada Seri Webinar Internasional ini.

Para pembicara webinar internasional tersebut yakni Prof. Robert Hall (Emeritus Professor, Univ. of London, Inggris), Prof. Jan Sopaheluwakan (University of Indonesia, Jakarta), dan Dr Jonathan Pownall (University of Helsinki, Finlandia).

Lainnya yaitu Dr William Sabandar (President Director of MRT – Jakarta), Dr Justy Siwabessy (Geoscience Australia) dan Dr Jeff Malaiholo (Chairman of Edenville Energy Plc, London Inggris)

Moderator pada webinar internasional tersebut yaitu Prof. Adi Maulana (Professor of Geological Engineering at Univ. Hasanuddin, Makassar), Dr Nugroho D. Hananto (Directorate of Research Vessel Fleet Management – BRIN) dan Adi Patria MSc (PhD student at Doninsha University, Japan – BRIN)

Kegiatan tersebut didukung oleh PT Maluku Energy Abadi yang dipimpin Musalam Latuconsina.

SINGKAT TENTANG NARA SUMBER

Robert Hall adalah seorang Pakar Geologi Maluku. Dia adalah Profesor Geologi Emeritus dan mantan Direktur SE Asia Research Group di Royal Holloway University of London antara 1994 dan 2020.

Minat penelitiannya meliputi subduksi dan busur pulau; sedimen dan asalnya; tomografi seismik dan proses mantel; dan implikasi biogeografis dari model tektonik.

Jon Pownall telah bekerja di Indonesia Timur sejak 2010 sebagai mahasiswa PhD dalam Southeast Asia Research Group di Royal Holloway University of London.

Pada tahun 2014, Jon memulai post-doktoral, dan kemudian fellowship DECRA, di Australian National University di Canberra, dia melanjutkan penelitiannya di tektonik Indonesia Timur termasuk di Banda Maluku.

Pada 2019, Jon mengajar di University of Hull dan sejak 2020 di University of Helsinki, Finlandia.

Prof Jan Sopaheluwakan mendapatkan gelar sarjana dari ITB dan kemudian meraih gelar MSc di bidang Geologi Struktur dari ITC Delft di Belanda dan gelar PhD dari Vrije Universiteit di Amsterdam. Beliau kemuidian berkarir di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Sebelum pensiun dipercayakan sebagai Deputy Chairman for Scientific Services. Pada saat ini beliau jabat Koordinator di Center for Environmental Disaster, Institute for Sustainable Earth and Resources Universitas Indonesia.

Dr Justy Siwabessy adalah lulusan Unpatti Ambon yang melanjutkan pendidikan S2 di University of South Wales dan S3 di Curtin University of Technology Australia.

Bleiau kemudian bekerja sebagai Research Fellow di Curtin University dan sebagai Marine Acoustic Scientist di Geoscience Australia dimana dia bergelut di bidang penilitian bathimetry laut dalam.

Dr Jeffrey Malaihollo peroleh gelar sarjana dari University of California Santa Barbara USA dan PhD dari University of London dengan meneliti Geologi dan Tektonik Pulau Bacan. Dia bekerja sebagai ahli geologi untuk beberapa perusahaan pertambangan.

Awal tahun 2000 pindah ke dunia keuangan dan menjadi Direktur dan Analis Pertambangan untuk perusahaan Corporate Finance di London yang khususkan dalam investasi sumber daya alam. Saat ini adalah Ketua Dewan Komisaris Edenville Energy Plc yang terdaftar di bursa London.

Sebelum itu dia adalah Managing Director Arc Exploration yang terdaftar di bursa Australia. Jeff juga sibuk dengan pelatihan bahasa di Maluku melalui Bahasa Basudara.

William Sabandar ditunjuk sebagai Direktur Utama PT MRT Jakarta sejak 14 Oktober 2016. Berpengalaman dalam Manajemen Pembangunan dan Penanganan Krisis pada berbagai bidang selama lebih dari 25 tahun, termasuk empat tahun sebagai Kepala Rekonstruksi Kepulauan Nias, BRR Aceh-Nias (2005-2009).

Kemudian beliau ditugaskan menjadi Utusan Khusus Sekretaris Jenderal ASEAN merangkap Kepala Operasi Rekonstruksi Myanmar pasca bencana skala besar lainnya, dan menjadi Direktur Corporate Affairs ASEAN Secretariat (2011-2012).

Pemegang gelar doktor transportasi dari University of Canterbury, New Zealand ini (2000-2004), pernah menjabat sebagai Asisten Ahli Kepala Unit Kerja Presiden untuk Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan, UKP4 (2012-2014). (novi pinontoan)

Share:
Komentar

Berita Terkini