Semua Traffic Light di Ambon Bakal Gunakan Sistem ATCS-ITS

Share:

satumalukuID- Pemerintah Kota Ambon akan memasang alat Adaptive Traffic Control System – Intelligent Transport System (ATCS-ITS) di semua lampu lalu lintas (traffic lights).

Sistem tersebut akan terpasang di tahun 2022 mendatang. Tujuannya untuk meningkatkan keselamatan, kelancaran, dan mengoptimalkan siklus lampu lalu lintas, serta mengurangi antrian kendaraan di ruas maupun persimpangan jalan.

“Janji Kementerian itu tahun anggaran 2022 traffic lights sudah memakai sistim ATCS-ITS,” ungkap Kepala Dinas Perhubungan Kota Ambon, Robby Sapullete, Kamis (5/8/2021).

Robby mengaku dua sistem lalu lintas ini sangat canggih. Pasalnya, bisa mengatur waktu sinyal di persimpangan secara responsif dan terkoordinasi. Sistem itu juga menyediakan rekaman data lalu lintas, jika terjadi kecelakaan dan sebagainya.

“Yang ITS ini agak mahal, dan yang paling canggih dari ATCS. Kita mohon bantuan dari Pemerintah Pusat melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. Kita masih menunggu itu,” kata dia.

Sambil menunggu pemasangan dua alat canggih tersebut, Robby mengaku pihaknya sementara waktu kerap mengontrol sistem traffic light saat ini.

“Sambil menunggu kita tetap lakukan pemeliharaan terhadap traffic light yang ada saat ini,” jelas dia.

Menyoal kerap ditemukan gangguan traffic lights, Robby mengaku sering terjadi karena faktor alam seperti curah hujan dan sambaran petir.

Mengatasi persoalan yang sering terjadi itu, Robby mengaku sementara sedang menyiapkan anggaran untuk membeli alat penangkal hujan maupun petir.

“Kita sementara menganggarkan untuk kita bagaimana memasang penangkal petir pada traffic light yang ada, agar bisa bekerja maksimal dalam segala kondisi baik hujan maupun panas,” pungkasnya.

Share:
Komentar

Berita Terkini