Penumpang Pesawat ke Jakarta Berkurang, Biaya Rapid Test PCR di Kota Ambon Tembus 1,7 Juta Rupiah

Share:

satumalukuID – Jumlah penumpang pesawat yang berangkat dari Bandara Pattimura pada masa penerapan PPKM Mikro di Kota Ambon mengalami penurunan.

Pantauan satumalukuID saat Senin pagi (12/7/2021) di Bandara Pattimura, tak banyak warga yang berangkat ke luar daerah, terutama ke Jakarta.

Sebagai contoh, pada penerbangan pesawat Garuda GA-641 yang terbang pukul 10.30 WIT menuju Jakarta dan transit di Makassar. Ternyata, jumlah penumpang tak sampai sepertiga kursi yang disediakan.

Bahkan warga yang terbang dengan tujuan Jakarta lebih sedikit dibandingkan yang turun di Makassar.

Saat di Makassar, jumlah penumpang yang naik juga relatif sedikit. Sama kejadian saat terbang dari Ambon yakni tak sampai sepertiga jumlah kursi di pesawat.

Yang menarik, kendati sudah berlaku kebijakan PPKM Mikro di Kota Ambon, namun masih ada penumpang berangkat menuju Makassar hanya bermodalkan hasil rapid test antigen. Menurut salah satu petugas Maskapai Garuda di Bandara Pattimura, mereka memberikan keringanan masih menggunakan hasil rapid test antigen dengan alasan di Ambon proses test PCR masih sulit. Catatannya, nanti di Makassar harus ikut prosedur setempat jika mewajibkan tes PCR.

Pantauan satumalukuID, di Kota Ambon, biaya PCR memang cukup mahal. Di Rumah Sakit Siloam misalnya, dikenakan tarif minimal Rp900 ribu untuk proses PCR.

Biaya Rp900 ribu menurut keterangan tim RS Siloam, Sabtu (10/7/2021), hasilnya diambil empat hari kemudian. Tetapi bila ingin segera memperoleh hasil PCR pada hari dilaksanakan tes mencapai Rp1,7 juta. Sedangkan biaya tes antigen hanya berkisar Rp200-an ribu.

Sebelumnya, walikota Ambon Richard Louhenapessy dalam keterangan persnya, di Balai Kota Ambon, Kamis (8/7/2021) mengaku, pasca penerapan PPKM, jumlah penumpang hanya 300 orang.

Menurut walikota, itu dampak yang cukup bagus. Karena secara tidak langsung menghambat pergerakan ke luar daerah. Dan luar daerahpun diharapkan untuk juga mebatasi pergerakan ke Kota Ambon.

Share:
Komentar

Berita Terkini