Dinkes Ambon Harap Pekan Depan Dapat Vaksin AstraZeneca Biar Suntikan Dosis Kedua Bisa Dilakukan

Share:

satumalukuID – Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy berharap, vaksin AstraZeneca bisa masuk ke Ambon dalam waktu dekat agar suntikan dosis kedua sudah bisa dilakukan.

“Semoga vaksin AstraZeneca bisa segera masuk pekan depan, biar suntikan dosis kedua bagi warga yang sudah menerima dosis pertama saat vaksin gratis dilaksanakan beberapa waktu lalu, bisa dilakukan,” harap Wendy, di Ambon, Senin (7/6/2021).

Dia mengaku, selepas Ramadan kemarin, vaksin untuk masyarakat yang tergolong rentan terpapar Covid-19 seperti warga lanjut usia (Lansia) hingga kini masih terus dilakukan.

Dosis pertama telah disuntik kepada warga saat vaksinasi digelar secara massal di tribun lapangan Merdeka, pada Rabu (19/5/2021) hingga Senin (31/5/2021).

“Untuk dosis kedua, kita masih menunggu distribusi vaksin AstraZeneca. Kita sudah mengajukan permintaan 2000 vial atau 20 ribu dosis vaksin AstraZeneca untuk suntikan kedua,” ungkapnya.

Wendy memngaku seharusnya suntikan dosis kedua sudah dilakukan sejak pada 2 Juni kemarin. Namun karena suntikan kedua itu masih bisa dilakukan 8 minggu hingga 12 minggu kedepan sehingga masih bisa menunggu distribusi vaksin AstraZeneca.

Menurut Wendy, jika kemudian permintaan 2000 vial vaksin AstraZeneca itu tidak cukup untuk melayani masyarakat, maka akan diminta penambahan dosis yang sama.

“Karena vaksin dosis pertama masih terus berlangsung hingga bulan Agustus 2021 mendatang,” ujarnya.

Dinkes Kota Ambon, disebutnya, terus berupaya agar vaksin dosis pertama bisa dimanfaatkan oleh masyarakat rentan yang belum divaksin. Untuk itu pihaknya juga tengah meminta penambahan 1000 vial atau 10 ribu dosis.

“Jadi kita minta 2000 vial sambil menunggu penambahan vaksinasi dosis pertama. Kalau pun kurang, maka kita akan mengajukan permintaan susulan,” pungkasnya.

Share:
Komentar

Berita Terkini