Negeri Rutong Kota Ambon Jadi Smart Village Pertama di Provinsi Maluku

Share:

satumalukuID – Negeri Rutong, Kecamatan Leitimur Selatan, Kota Ambon ditetapkan sebagai smart village (desa pintar) pertama di Provinsi Maluku. Pencanangan smart village Negeri Rutong ditandai dengan soft launching platform digital Rutong.id secara virtual di ruang vlisingen Balai Kota Ambon, Senin (1/3/2021).

Sekretaris Jenderal Kementerian Desa Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi (Sekjen Kemendes PDTT) Taufik Madjid yang langsung melakukan pencanangan.  Dia mengapresiasi serta menyambut baik peluncuran platform digital Rutong.id Dijelaskan, langkah transformasi desa ke arah digital, telah diamanatkan Presiden RI Joko Widodo sejak 2020 lalu.

Langkah transformasi ini antara lain menitiberatkan pada percepatan perluasan akses dan peningkatan infrastruktur digital, seperti penyediaan layanan internet desa/kelurahan, persiapkan peta jalan transformasi digital di sektor-sektor strategis, antara lain pemerintahan, layanan publik, bantuan sosial, pendidikan, kesehatan, perdagangan, industri, dan penyiaran dan mempercepat integrasi pusat data nasional, serta penyiapan kebutuhan SDM.

Sementara itu, Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, memberikan apresiasi yang tinggi atas soft launching Rutong.id, sebagai platform digital smart village yang pertama di kota Ambon dan Maluku.

Menurutnya, hal ini sejalan cita– cita pengembangan Ambon Kota Pintar atau Ambon Smart City. “Tidak ada cara lain untuk mengejar ketertinggalan kita selain dengan memanfaatkan teknologi digital. Digitalisasi adalah sebuah kebutuhan dan jika tidak diantisipasi kita akan terus tertinggal,” ujarnya.

Dikatakan, platform digital Rutong.Id akan membawa negeri Rutong semakin maju, mengoptimalkan pelayanan prima, inovasi, serta keterbukaan informasi yang merupakan ciri masyarakat modern. “Saya berharap hal ini dapat menjadi contoh, bagi negeri – negeri adat lainnya yang ada di kota Ambon,” tandas Walikota.

Share:
Komentar

Berita Terkini