Warga di Kota Ambon Minta Pulang Kampung, Tim Gustu Covid-19 Maluku Beri Ijin untuk Karyawan yang Kena PHK

Share:

satumalukuID- Puluhan lelaki dan perempuan tampak mendatangi Kantor Gubernur Maluku di Kota Ambon, Selasa (5/5/2020). Mereka terlihat memegang map berisi berkas permohonan ijin pulang ke daerah asal alias pulang kampung.

Umumnya, mereka yang butuh ijin pulang kampung dari Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku ini, merupakan karyawan yang telah diberi Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dari tempat kerja mereka.

Ketua Pelaksana Harian Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, Kasrul Selang menyebutkan bagi karyawan perusahan yang di-PHK akibat terdampak pandemi Covid-19 di Maluku, diberikan izin untuk bisa pulang ke kampung halaman.

Sebagaimana diketahui, saat ini kapal-kapal penumpang termasuk kapal ferry tidak lagi melayani pengangkutan penumpang, akibat diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Regional (PSBR) oleh Pemerintah Provinsi Maluku.

Izin yang diberikan ini berupa surat keterangan resmi yang dikeluarkan oleh Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, agar mereka bisa diangkut kapal.

“Mungkin sebaiknya kita berikan izin untuk kembali. Kalau di kampung mereka bisa dapat pekerjaan untuk sementara itu lebih baik,” kata Kasrul saat dikonfirmasi satumalukuID, Selasa (5/5/2020).

Selain karyawan PHK, ijin pulang kampung juga diperuntukan kepada mereka yang tidak lulus saat mengikuti tes seleksi tentara di Ambon.

“Sekarang yang paling banyak adik-adik yang tes, yang tidak berhasil. Itu kita harus berikan izin mereka kembali ke daerah asalnya. Karena kalau mereka di sini bagaimana?” turur Kasrul.

Kendati begitu, hingga sore tadi, dia mengaku belum mengetahui data terakhir jumlah dari permohonan pulang kampung tersebut. “Untuk jumlahnya saya belum tahu,” kata dia singkat.

Menyoal terkait permohonan pulang kampung oleh sebanyak kurang lebih 30 mahasiswa asal Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT), Seretaris Daerah Maluku ini mengaku telah memberikan izin.

“Mereka akan pulang malam ini ke Saumlaki. Tadi kita sudah koordinasi dengan pemda di sana untuk siap menerima,” tandasnya.

Share:
Komentar

Berita Terkini