Resmi Pangkat Komisaris Jenderal, Marthinus Hukom Cetak Sejarah Baru Orang Maluku

Share:

Komjen Pol Marthinus Hukom (ujung kiri) saat Upacara kenaikan pangkat

satumalukuID - Setelah dipromosi sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), perwira tinggi polisi asal Maluku Marthinus Hukom saat ini resmi menyandang bintang tiga di pundaknya.

Sekarang ini dia resmi berpangkat Komisaris Jenderal (Komjen) setelah sebelumnya menjabat Kepala Detasemen Khusus (Densus) Polri dengan pangkat Inepsketur Jenderal alias dua bintang.

Peresmian kenaikan pangkat Marthinus Hukom dipastikan setelah pada Jumat (22/12/2023), Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memimpin upacara kenaikan pangkat atau korps raport terhadap 45 perwira tinggi (pati) Polri. 

Upacara berlangsung di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (22/12/2023).

“Acara korps raport dipimpin oleh Kapolri dihadiri oleh PJU Mabes Polri,” ujar AsSDM Kapolri, Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan.

Komjen Marthinus Hukom selama ini memang dikenal mengabdikan karir di Densus 88  Polri sejak masih berpangkat perwira pertama. 

Lulusan SMA Negeri 3 Ambon ini, sudah sering terlibat dalam penangkapan tersangka teroris di berbagai daerah di Indonesia.

Dia merupakan putra Maluku pertama yang menjabat sebagai Kepala Densus 88 dan juga yang pertama menjabat sebagai Kepala BNN.

Marthinus Hukom yang lahir di Pulau Nusalaut Maluku Tengah ini juga mencatat sejarah sebagai orang Maluku pertama yang berpangkat Komisaris Jenderal alias Jenderal polisi dengan tiga bintang di pundak. (alvi petra)


Share:
Komentar

Berita Terkini