Pemkot Ambon akan Alih Fungsi Kawasan Pasar Wainitu

Share:

Penampakan bangunan pasar Wainitu

satumalukuID - Pemerintah Kota Ambon berencana mengalihkan fungsi kawasan Pasar Wainitu.

Pertimbangannya, karena kondisi lokasi pasar tidak memungkinkan untuk aktivitas jual beli, disebabkan oleh akses kendaraan yang sulit untuk masuk ke lokasi tersebut.

Penjabat Wali Kota Ambon Bodewin Wattimena, menjelaskan bahwa alih fungsi Pasar Wainitu dimaksudkan agar menjadi prasarana fisik yang dapat dimanfaatkan masyarakat, terutama untuk kegiatan olahraga.

Selain digunakan untuk kegiatan olahraga, Pasar Wainitu juga akan dimanfaatkan sebagai gudang atau tempat penyimpanan.

"Tidak efisien jika gedung yang sebelumnya akan digunakan sebagai pasar tidak dimanfaatkan sama sekali. Oleh karena itu, dipertimbangkan untuk mengubah fungsinya," kata Wattimena. Senin (14/8/2023).

Proses alih fungsi ini akan melibatkan Kelompok Pengelola dan Pemanfaatan (KPP) Ruang Terbuka Publik Wainitu.

Wattimena mengatakan bahwa langkah ini akan diputuskan bersama dengan KPP untuk memastikan pemanfaatan yang optimal. 

[cut]

Tujuannya adalah untuk mencegah kerusakan bangunan dan memastikan bahwa kawasan tersebut benar-benar dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat.

Diketahui, Pasar Wainitu adalah salah satu dari lima pasar tradisional yang telah direvitalisasi sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI).

Meskipun telah direvitalisasi dengan tata letak yang lebih modern, hingga saat ini pedagang dan pembeli lebih memilih Pasar Mardika daripada pasar yang tersebar di setiap kecamatan.

Wattimena juga menyebutkan bahwa dengan perkembangan kota, pola pemanfaatan pasar telah berubah, dan Pasar Wainitu mungkin tidak lagi sesuai untuk menampung pedagang.

Dalam rangka mendukung usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), dia berencana untuk meninjau ulang lokasi pasar dan mempertimbangkan kemungkinan penggunaan kawasan tersebut oleh pelaku UMKM untuk menjual produk.

Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk memaksimalkan manfaat dari kawasan tersebut sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan kota.

Share:
Komentar

Berita Terkini