Sopacua, Samak, Keliduan dan Regita Dinyatakan Lolos Seleksi Akpol Panda Polda Maluku

Share:

Wakapolda Maluku berfoto bersama 4 calon taruna taruni 

satumaluku.id - Sebanyak empat calon taruna dan taruni Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 2023 dinyatakan lulus pada tingkat Panitia Daerah (Panda) Polda Maluku.

Mereka selanjutnya akan mengikuti seleksi terpusat di Akpol Semarang, Jawa Tengah.

Keempat nama-nama calon Akpol yang lulus yakni Brian Lois Sopacua (Nilai Akhir: 75,82), Dimas Apriansyah Samak (Nilai Akhir: 71,87), Thimotius Keliduan (Nilai Akhir: 69,98) dan seorang calon taruni Regita Anggraini Budiono (Nilai Akhir: 61,43).

Wakapolda Maluku Brigjen Pol Stephen M Napiun mengatakan sejak awal telah berkomitmen dan berjanji bersama seluruh panitia, pengawas, orang tua, dan peserta seleksi untuk menggelar sidang terbuka penetapan kelulusan.

“Kami sudah berkomitmen dan berjanji untuk tidak melakukan korupsi, kolusi dan nepotisme dalam proses seleksi. Kami telah lakukan penandatanganan pakta integritas dan pengambilan sumpah kepada Tuhan Yang Maha Esa,” ujar Wakapolda di Rupattama Mapolda Maluku, Kota Ambon, Senin (3/6/2023).

Pelaksanaan seleksi dengan seluruh tahapannya dilakukan dengan pengawasan melekat baik dari pengawas internal maupun eksternal.

Panda Polda Maluku juga melibatkan tenaga ahli dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Ambon, Himpunan Psikologi Maluku, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Ambon, KONI Maluku, LSM maupun wartawan.

Kepada empat calon taruna dan taruni Akpol yang dinyatakan lulus terpilih, dia menekankan beberapa hal penting untuk dipedomani dan dilaksanakan. Di antaranya selalu tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, persiapan dengan maksimal fisik mental dan kesehatan untuk menghadapi seleksi tingkat pusat.

Kemudian tingkatkan disiplin dan hindari berbagai pelanggaran selama mengikuti seleksi tingkat pusat.

“Dalam penetapan kelulusan tingkat Panda Polda Maluku penerimaan taruna taruni Akpol tahun 2023 sesuai kuota dari Mabes Polri sebanyak 4 orang. Terdiri atas tiga laki-laki dan satu perempuan dinyatakan lulus terpilih,” ucapnya.

Brigjen Napiun juga memberikan selamat kepada keempat calon taruna dan taruni yang dinyatakan lulus terpilih dalam meraih cita-cita.

“Bagi peserta seleksi yang dinyatakan lulus tidak terpilih agar tetap semangat untuk belajar dan berlatih guna mempersiapkan diri pada kesempatan seleksi tahun depan,” ucapnya. (aldi josua)


Share:
Komentar

Berita Terkini